Kembangkan Pertanian, Kementan Maksimalkan Inovasi

0
220

SULAWESI SELATAN – Kementerian Pertanian siap memaksimalkan peningkatan pertanian. Untuk itu, Kementan menjalankan sejumlah program untuk menghadirkan berbagai inovasi.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan inovasi sangat dibutuhkan untuk mengembangkan pertanian.

“Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, utamanya di era 4.0, pertanian pun harus mengembangkan berbagai inovasi. Dengan cara itu, kita bisa mendapatkan produktivitas yang tinggi,” kata Mentan SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menjelaskan lebih lanjut mengenai hal itu.

“Pertanian jangan dilakukan dengan begitu-begitu saja. Harus ada inovasi untuk menggenjot produktivitas. Sehingga kesejahteraan petani pun bisa ditingkatkan. Dan ini menjadi tujuan pertanian, yaitu meningkatkan kesejahteraan petani, selain tentunya menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat,” ujar Dedi.

Ia menambahkan, Kementan juga memaksimalkan program-program yang ada untuk menghadirkan inovasi dan menggenjot produksi pertanian.

Seperti di Daerah Irigasi Takkalasi, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan. Di tempat ini dilaksanakan sekolah lapang IPDMIP dengan praktik pembuatan POC dan PGPR oleh peserta sekolah lapang kegiatan IPDMIP musim tanam April-September 2022.

Kegiatan ini dihadiri fungsional kabupaten, koordinator BPP Maritengngae, PPL pendamping dan POPT.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan dan Ketahanan Pangan Sidenreng Rappang, Ibrahim, berharap peserta sekolah lapang di 9 daerah irigasi yang mendapat kegiatan IPDMIP bisa melakukan inovasi.

“Hadirkan inovasi yang baru sehingga pertanian di Kabupaten Sidenreng Rappang lebih maju, produktivitas meningkat dan kesejahteraan masyarakat lebih baik,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here