Kementan Kembangkan Pertanian, Jalin kerjasama dengan Berbagai Pihak

0
708

MUARO JAMBI – Untuk memaksimalkan fungsi sebagai tempat pelatihan, Kementerian Pertanian melalui Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi menjalin kerja sama dengan berbagai pihak. Termasuk Kejaksaan Tinggi Jambi. Kerja sama telah dilakukan lalu melalui MoU, Februari lalu.

Sebagai tindak lanjut MOU tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi, Sapta Subrata, berkunjung ke Bapeltan Jambi untuk melihat langsung fasilitas yang ada.

Rencananya, Bapeltan Jambi akan menjadi tempat pelaksanaan Pelatihan Dasar bagi Para Calon Pegawai Negeri Kejaksaan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pembangunan pertanian tidak bisa dilakukan Kementerian Pertanian saja.

“Stakeholder lain harus sama-sama membangun, begitu pula dengan insan pertanian lain. Oleh karena itu, kita harus mengetatkan kerja sama dengan pihak-pihak terkait,” katanya.

Sedangkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, menegaskan bahwa kata kunci pembangunan pertanian adalah peningkatan kualitas SDM.

“Maka, apabila suatu negara ingin maju, maka SDM-nya yang harus diperkuat. Dan apabila negara ingin kuat, maka
sektor pertaniannya yang harus diperhatikan dengan baik,” kata Dedi

Kepala Bapeltan Jambi, Zahron Helmy, menyambut baik atas terpilihnya Bapeltan Jambi sebagai tempat penyelenggaraan pelatihan calon pegawai negeri Kejati. Menurutnya, fasilitas yang dimiliki Bapelten antara lain aula, kelas, asrama, dan guest house yang sangat mendukung kegiatan pelatihan.

“Ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia. Dimana sinergi antar lembaga sangat diperlukan untuk menjalankan tugas dan fungsi masing-masing lembaga,” katanya.

Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Jambi merupakan salah UPT Pusat Kementerian Pertanian, di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP).

Salah satu tugas Bapelten adalah melaksanakan pelatihan teknis, fungsional dan kewirausahaan dibidang pertanian bagi aparatur dan non aparatur pertanian.

Selain itu, Bapeltan Jambi juga berfungsi dalam menyusun rencana, program dan pelaksanaan kerjasama baik dalam lingkup Kementerian Pertanian maupun lintas Kementerian. (WN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here