Pandawa Nusantara : Tugas Sudah di Depan Mata, Kerja Nyata KPU-BAWASLU Baru Segera Buktikan

0
6653

Jakarta – Komisi II DPR telah menetapkan 7 komisioner KPU dan 5 anggota Bawaslu RI untuk masa jabatan 2022-2027. Penetapan dilakukan dengan voting pada Rabu (16/2) malam hingga Kamis (17/2) dini hari.

Sekretaris Jenderal DPP Pandawa Nusantara, Faisal Anwar menyatakan Kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada komisi II DPR RI yang telah melaksanakan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dan dilanjutkan pemilihan anggota KPU dan Bawaslu 2022-2027 sampai dengan larut malam. Hal ini menunjukkan bahwa pemilihan anggota KPU dan Bawaslu membutuhkan perhatian yang dalam dan perdebatan alot untuk memilih para penggawa penyelenggara pemilu ke depan lebih baik dan bermutu.

Faisal mengatakan, selamat dan sukses para anggota komisioner KPU dan Bawaslu RI masa bakti 2022-2027.

“Tentu Komisi II punya banyak pertimbangan untuk menentukan dan memilih anggota KPU-Bawaslu RI yang salah satunya adalah berbasiskan visi, misi dan gagasan yang dipaparkan dalam uji kelayakan dan kepatutan. Oleh karena itu, tugas sudah di depan mata, kami berharap segera untuk merealisasikan visi, misi dan gagasannya.” Ucap dia.

Lebih lanjut, Faisal menyebutkan, pemilu serentak 2024 sudah banyak disampaikan oleh para pakar dan pengamat merupakan pemilu yang kompleks dan berat. Pada 2024 pemilu pileg, pilpres dan pilkada serentak dilaksanakan dalam satu tarikan nafas yang sama. Butuh perencanaan yang matang, kolaborasi yang utuh dari semua unsur, serta kerja keras dari para penyelenggara.

Bertalian dengan itu, pemilu 2019 wajib menjadi cermin untuk penyelenggara pemilu sehingga peristiwa banyaknya petugas KPPS yang meninggal dan sakit tidak terulang Kembali. Kejadian itu akan meninggalkan luka mendalam dan trauma dimasyarakat. Kami berharap penyelenggara secepatnya mempersiapkan pemilu 2024 dengan lengkap, termasuk PKPU yang dirasakan perlu dievaluasi.

Selanjutnya, nama-nama terpilih akan dibawa ke Sidang Paripurna untuk ditetapkan. Kemudian, daftar nama anggota KPU dan Bawaslu terpilih dikirim ke Presiden Joko Widodo untuk dilantik. Berikut nama anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027 yang terpilih:

KPU
1. Betty Epsilon Idroos
2. Hasyim Asy’ari
3. Mochammad Afifudin
4. Parsadaan Harahap
5. Yulianto Sudrajat
6. Idham Holik
7. August Mellaz

BAWASLU
1. Lolly Suhenty
2. Puadi
3. Rahmat Bagja
4. Totok Hariyono
5. Herwyn Jefler Hielsa Malonda

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here