Berhasil Pulihkan Ekonomi Covid-19, Airlangga Diganjar Award Internasional

0
44

JAKARTA – Totalitas kinerja Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto diapresiasi internasional. Airlangga berhasil menghidupkan kembali ekonomi Indonesia dari tarikan negatif pandemi Covid-19. Hasilnya, Priyadarshni Academy Global Award yang berbasis di India diberikan kepada Ketua Umum Partai Golkar tersebut pada Senin (20/9).

“Penghargaan ini ditunjukan untuk seluruh rakyat Indonesia. Mereka terus berjuang memulihkan situasi ekonomi di tengah pandemi Covid-19,” ungkap Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Terkait penanganan pandemi Covid-19 secara menyeluruh, rapor Impresif memang dimiliki Airlangga. Tingkat kesembuhan di zonasi Jawa-Bali mencapai 95,54% dan 93,90% pada luar Jawa-Bali. Angka tersebut jauh lebih tinggi dari level Global yang berada pada angka 89,76%. Kasus aktif terus turun hingga 84,63% dengan RR>Global dan CFR>Global. Impresifnya data ini berimbas positif pada ekonomi nasional.

Untuk pemulihan ekonomi, Indonesia juga bisa tersenyum lebar. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2021 mencapai 7,07%. Tren positif tersebut memantik optimisme pertumbuhan ekonomi nasional sepanjang 2021 berada pada level 3,7%-4,5% year on year (yoy). Rekor baru bahkan diciptakan dari neraca perdagangan.

Di bawah kendali Airlangga, neraca perdagangan Indonesia surplus USD4,74 Miliar sepanjang Agustus 2021. Nilai tersebut jadi rekor tertinggi dalam 15 tahun terakhir. Sebab, kinerja ekspor terakselerasi USD21,42 Miliar. Meningkat double digit sebesar 20,95% (mtm) dan naik 64,10% (yoy). Melanjutkan tren positif surplus sejak Mei 2020 atau 16 bulan beruntun.

Pergerakan pertumbuhan ekonomi tersebut diikuti tetap terkendalinya laju inflasi. Untuk inflasi bulanan mencapai 0,03%. Kalau konversi tahunannya menjadi 1,59%. Ekspektasi konsumen atas pertumbuhan ekonomi 6 bulan ke depan juga positif. Mengacu Survey Konsumen Bank Indonesia, Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Agustus 2021 mencapai 95,3.

“Semua sudah bekerja keras untuk menghasilkan perubahan yang positif. Penghargaan ini tentu menjadi bentuk pengakuan internasional terhadap Kemenko Perekonomian. Kami terus berikhtiar menjawab tantangan pandemi Covid-19. Apalagi, Covid-19 memberi dinamika tantangan besar bahkan unprecedented bagi masyarakat dan perekonomian,” terang Airlangga.

Sebagai gambaran, Priyadarshni Academy menjadi akademi dengan akses layanan kemanusiaan. Fokus utamanya di bidang sosial budaya dan pendidikan. Academy ini juga telah menggulirka Global Awardsc Function sejak didirikan 1985. Komite penasihat penghargaan Priyadarshni Academy diketuai ilmuwan Dr. Raghunath Anant Mashelkar.

Priyadarshni Academy Global Award saat ini memasuki edisi ke-37. Adapun tajuk utamanya adalah 37th Anniversary Global Awards Function. Selain Airlangga, Priyadarshni Academy juga memberi penghargaan kepada lima tokoh lainnya. Digelar virtual, mereka berasal dari India, Korea Selatan, dan Inggris.

Lebih lanjut, kontribusi besar memang diberikan Airlangga. Selain Indonesia, Airlangga juga berkontribusi besar kepada India. Airlangga ikut memformulasikan langkah-langkah kebijakan yang koordinatif, komprehensif dan inklusif. Jadi penggagas kebijakan bantuan kepada Pemerintah India dalam rupa bantuan oksigen.

“Kerjasama internasional menjadi kunci memenangkan perjuangan. Sebagai upaya mendorong perekonomian dan menangani pemulihan sektor kesehatan. Tidak ada negara yang dapat mengatasi situasi ini sendiri. Indonesia sangat menghargai kerjasama dengan India,” papar Airlangga lagi.

Perlu diketahui, Priyadarshni Academy jadi penghargaan yang prestisius. Sebab, ada banyak tokoh dunia yang menerimanya. Penghargaan ini sebelumnya diberikan kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Megawati berperan dalam memajukan kerukunan internasional atau Outstanding Contribution to Promotion of International Understanding.

Priyadarshni Academy Global Award juga diberikan kepada Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Diberikan pada edisi ke-30, Abe dinilai berperan dalam kemajuan hubungan India dan Jepang. Ada juga Menteri Negara Finlandia Elisabeth Renn pada ajang ke-34 Global Awards untuk perannya dalam memperjuangkan perdamaian dan managemen krisis.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here