Strategi Jitu Airlangga Naikan Penerimaan Negara

0
27

JAKARTA – Pundi-pundi keuangan negara bertambah signifikan. Sebab, penerimaan negara positif seiring status hattrick surplus neraca perdagangan Kuartal I tahun 2021. Indikasi pendorongnya adalah kenaikan ekspor 17,11% dengan nilai USD5,52 Miliar sepanjang Kuartal I tahun 2021.

“Surplusnya neraca perdagangan tentu memberikan pengaruh sangat positif terhadap penerimaan negara. Kondisi ini bagus terhadap pemulihan ekonomi. Ada feed back dari berbagai upaya yang sudah dilakukan,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Hattrick surplus neraca perdagangan memang dibukukan Indonesia dalam 3 bulan terakhir. Nilai akumulatifnya mencapai USD5,52 Miliar. Sebab, sepanjang Maret 2021, neraca perdangan Indonesia surplus USD1,57 Miliar. Angka tersebut lebih tinggi dari prediksi surplus neraca perdagangan yang berada pada rentang USD800 Juta hingga USD900 Juta.

Adapun Februari 2021 membukukan surplus neraca perdagangan sekitar USD2,01 Miliar. Untuk bulan sebelumnya, surplus neraca perdagangan berada pada level USD2 Miliar. Secara keseluruhan surplus USD5,52 Miliar tersebut lebih tinggi dari kuartal I 2020. Neraca perdagangannya waktu itu hanya surplus USD2,59 Miliar, lalu defisit USD3,59 Miliar pada 2019.

“Penerimaan negara otomatis terdorong pada Kuartal I tahun 2021 ini. Kondisi ini patut disyukuri karena tetap berpengaruh positif terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). Sekarang tinggal bagaimana mempertahankan dan menaikan nilai surplusnya. Agar penerimaan negara lebih optimal,” katanya.

Surplusnya neraca perdagangan memberi dorongan besar terhadap perekonomian. Beberapa pos penerimaan negara langsung mengalami revisi positif signifikan. Pos penerimaan yang mengalami pertumbuhan adalah penerimaan negara bea keluar dan penerimaan bukan pajak termasuk non migas.

“Berbicara pertumbuhan ekspor, perekonomian global juga mengalami perbaikan. Kondisi ini mendorong perbaikan penerimaan dalam negeri. Harga-harga komoditas juga mengalami perbaikan. Semoga perekonomian semakin baik,” tutup Airlangga.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here