Musim Tanam Kedua di NTB Didukung Ketersediaan Pupuk Subsidi

0
24

MATARAM – Para petani di Nusa Tenggara Barat (NTB) diharapkan menatap musim tanam kedua dengan optimis. Pasalnya, pupuk bersubsidi dijamin ketersediaannya untuk mendukung kebutuhan petani.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pemerintah akan selalu berupaya agar produktivitas pertanian bisa digenjot.

“Salah satu caranya, pemerintah memberikan pupuk bersubsidi. Dengan program ini, petani tidak hanya diharapkan bisa meningkatkan produksi, tetapi juga akan terjaga dari gejolak harga pupuk,” jelas Mentan SYL, Jumat (2/4/2021).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan dengan jumlah yang terbatas, pupuk bersubsidi didistribusikan secara tertutup.

“Jumlah pupuk bersubsidi terbatas. Sehingga kita distribusikan menggunakan data eRDKK. Prinsip yang digunakan untuk mendistribusikannya adalah 6T atau 6 Tepat, yaitu Tepat Jenis, Tepat Mutu, Tepat Jumlah, Tepat Tempat, Tepat Waktu, Tepat Harga, dan Tepat Sasaran,” terangnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB Muhammad Riadi juga menjamin ketersediaan pupuk bersubsidi untuk petani di musim tanam kedua.

“Pada prinsipnya, kita di NTB sudah siap untuk musim tanam kedua April ini,” kata Muhammad Riadi.

Dia mengatakan, saat ini sebagian besar petani sudah memulai proses panen musim tanam pertama dan akan terus berlangsung hingga Mei. Namun, sebagian lagi telah menyemai benih dan memulai musim tanam kedua.

Riadi yang baru sepekan dilantik sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan NTB memastikan, ketersediaan pupuk menjadi salah satu yang diatensi pihaknya.

Untuk memastikan tidak terjadi kelangkaan, pihaknya pun telah menjadwalkan rapat koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan. Termasuk para distributor pupuk di NTB.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here