Jokowi Didampingi Airlangga Hartarto, Pencetus Ide Vaksin Gratis Untuk Rakyat

0
20

JAKARTA – Publik Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng) antusias menjalani program vaksinasi Covid-19. Mereka ini bahkan menarik perhatian karena datang dengan mengenakan kostum wayang, Rabu (10/3). Suasana semakin hangat karena agenda ini dikunjungi langsung Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Di Yogyakarta, ada vaksinasi massal para seniman dan budayawan di Padepokan Seni Bagong Kussudiarja (PSBK) di Dusun Kembaran, Kabupaten Bantul,” ungkap Jokowi melalui akun Instagram @jokowi.

Berada di PSBK, program vaksinasi Covid-19 diikuti oleh 500 orang seniman. Latar belakangnya adalah perupa, penyair, sastrawan, dan penari. Ada juga para pemusik, dalang, dan pemain ketoprak. Terlihat antusias, beberapa peserta vaksinasi Covid-19 bahkan datang dengan mengenakan kostum unik wayang orang. Aksi tersebut pun langsung direspon oleh Jokowi dan diunggah dalam akun media sosialnya.

“Gatotkaca yang sakti–punya otot kawat dan tulang besi–hari ini menerima suntikan vaksinasi Covid-19,” tulis Jokowi dalam postingan Instagramnya.

Sebagai informasi, Gatotkaca adalah salah satu tokoh fenomenal pewayangan. Berdarah Pandawa, nama Gatotkaca mampu terbang tanpa sayap dan memiliki julukan ‘otot kawat tulang besi’. Menjadi jagoan para dewa, Gatotkaca pernah ditempa di Kawah Candradimuka, Gunung Jamurdipa. Saat itu, seluruh dewa melemparkan pusakanya ke dalam kawah. Menggenapi kesempurnaan ksatria, Gatotkaca diberi pusaka Caping Basunanda, Kotang Antrakusuma, dan Terompah Padakacarma.

“Saya berkunjung ke dua provinsi, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah, untuk meninjau pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19,” tegas Jokowi melalui cuitan Twitter @Jokowi.

Setelah meninjau langsung vaksinasi di Bantul, Jokowi langsung bertolak menuju Pangkalan Udara Utama TNI AD Ahmad Yani, Semarang, Jawa Tengah. Sama seperti di DIY, Jokowi juga meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Lokasinya di Convention Hall, Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang. Program vaksinasi ini diikuti ulama, tokoh lintas agama, santri, serta petugas pelayan publik di kompleks kantor gubernur.

“Pemerintah mengapresiasi respon positif masyarakat. Peran serta aktif masyarakat memang diperlukan dalam program vaksinasi ini. Tujuannya, agar pandemi Covid-19 secepatnya bisa diselesaikan. Meski demikian, masyarakat harus menjalankan protokol kesehatan secara ketat,” tegas Airlangga yang juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here