Upgrade Status THL Jadi P3K Penyuluh Pertanian, Kementan Siapkan Slot 3 Ribu di Sepanjang 2021

0
32

BANDUNG – Angin besar perubahan status kepegawaian diberikan kepada Tenaga harian Lepas (THL) Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian. Mereka bisa meng-upgrade-nya menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) Penyuluh Pertanian. Slot yang diberikannya kompetitif hingga 3 Ribu nama untuk tahun 2021 ini. Hanya saja, posisi mereka baru terakomodir ketika daerah membuka formasinya.

“Kesempatan besar kini dimiliki THL untuk memperbaiki status kepegawaiannya. Sebanyak 3 Ribu THL didorong untuk ikut test pada tahun ini. Terpenting pemerintah daerah juga ikut mengusulkan formasinya,” ungkap Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Siti Munifah.

Kepastian slot besar untuk perbaikan status bagi THL terjawab dalam program Kunjungan Pers BPPSDMP, 8-10 Maret 2021. Digelar di Kabupaten Bandung, slot besar 3 Ribu kursi diberikan sebagai jawaban atas hilangnya kesempatan perbaikan nasib THL pada tahun lalu. Pada 2020, sebanyak 3 Ribu nama tidak bisa mengikuti test. Sebab, daerah tidak membuka portal penerimaan P3K Penyuluh Pertanian.

“P3K tetap terbuka bagi umum dan THL Kementan. Mengacu kesepakatan terakhir, para THL Kementan ini harus memiliki kisi-kisi khusus. Mereka bisa masuk dalam gerbong seleksi yang dijalankan secara umum. Hal ini tentu menjadi pengalaman yang berbeda,” terang Siti lagi.

Lebih lanjut, Kementan memberi kesempatan bagi THL yang lolos passing grade dan masuk masa tunggu 1 tahun. Mereka berhak mendapatkan status P3K asalkan juga memenuhi aspek administrasi. Yaitu, sudah menginput data ke dalam system Badan Kepegawaian Negara (BKN). Hanya saja, bagi mereka yang punya ijazah Diploma II ke bawah harus memiliki sertifikat penyuluh sesuai keahliannya.

“Kami tentu ingin THL yang ada bisa segera diangkat menjadi P3K. Sertifikasi tentu menjadi hal wajib dan harus dipenuhi. Bagi mereka yang gagal menjalankan program sertifikasi, maka harus mengulangnya lagi. Tapi, sejauh untuk program sertifikasi bagus. Artinya mayoritas lulus,” jelas Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi.

Naik level menjadi P3K, ada beberapa kriteria tambahan yang harus dipenuhi oleh para THL. Sebut saja, usia minimal 20 tahun atau maksimal 1 tahun sebelum batas umur yang ditetapkan. Tidak pernah tersangkut kasus pidana atau dipidanakan. Tidak pernah diberhentikan secara tidak hormat, termasuk netral partai politik. Pendidikan dan kompetensi sesuai ketentuan hingga sehat jasmani-rohani.

“Kalau kualifikasi sudah dipenuhi, mereka punya peluang besar diangkat menjadi P3K. Kami tentu ingin kesejahteraan mereka juga ikut meningkat. Bagaimanapun, mereka selama ini sudah bekerja untuk bangsa dan negara. Mereka turut memajukan sektor pertanian hingga memberi manfaat ekonomi bagi semuanya,” tutup Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here