Seminar Olahraga Nasional Awali Rakernas Siwo PWI 2021

0
51
LIPUTAN1.COM,JAKARTA-Menindaklanjuti imbauan Presiden Joko Widodo dalam Hari Olahraga Nasional (Haornas) Ke-37 Tahun 2020 untuk membangkitkan gairah olahraga di Tanah Air maka Seksi Wartawan Olahraga Persatuan Wartawan Indonesia (Siwo PWI) Pusat akan menggelat Seminar Olahraga Nasional 2021. Seminar ini sekaligus mengawali Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Siwo PWI yang antara lain membahas agenda penting tentang pelaksanakan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2021 di Surabaya, Jawa Timur.
Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa mengemukakan, Seminar Olahraga Nasional akan dilaksanakan di Hotel Pullman, Jln Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Maret 2021. Setelah itu akan dilanjutkan dengan Rakernas yang berlangsung hingga Kamis, 25 Maret 2021 dengan diikuti oleh 35 perwakilan Siwo Daerah di Indonesia. Diharapkan melalui kegiatan ini, Siwo PWI ikut berperan membangkitkan kembali gairah olahraga di Tanah Air setelah mengalami keleseuan di masa pandemi virus corona (Covid-19).
“Siwo PWI Pusat sangat mencermati imbauan Presiden Jokowi saat puncak Haornas 2020 yang menyatakan Haornas bisa jadi momentum untuk membangkitkan gairah olahraga di Tanah Air. Tak hanya memasyarakatkan olahraga, tapi juga mendongkrak prestasi atlet, serta mengembangkan olahraga sebagai wadah memperkenalkan destinasi wisata di Indonesia. Pernyataan Presiden patut didukung semua stakeholder olahraga di Tanah Air apalagi ini juga akan ikut mendukung upaya Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032,” kata Gungde Ariwangsa tentang alasan digelarnya Seminar Olahraga Nasional Siwo PWI itu.
Gungde menjelaskan, Presiden juga secara khusus Presiden meminta stakeholder olahraga untuk merevisi sistem tata kelola pembinaan keolahragaan di Indonesia karena olahraga Indonesia belakangan kurang berprestasi. Presiden berpesan kepada Menpora, KONI, KOI untuk tingkatkan prestasi olahraga nasional. Presiden meminta seluruh insan olahraga melakukan refleksi diri di tengah pandemi virus corona (COVID-19).
“Jadi kondisi  saat bisa menjadi kesempatan kita semua untuk merestart, merancang ulang ekosistem olahraga nasional kita secara besar-besaran.  Selain untuk meningkatkan prestasi, sesuai pernyataan Presiden, olahraga  bisa jadi salah satu pendongkrak ekonomi nasional. Target pasar tak hanya pasar nasional tapi pasar global. Olahraga buka peluang besar bagi Indonesia untuk kembangkan sport tourism,” ucapnya.
Demi mengimplementasikan imbauan Presiden dan mengembangkan Sport Science, Sport Industry dan Sport Tourism itu Siwo PWI Pusat mengangkat tema seminar “Kiprah BUMN Menuju Sukses Prestasi, Sport Tourism & Tuan Rumah Olimpiade 2032”.  Siwo PWI Pusat sudah mengundang Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi keynote speaker dengan pembicara Menteri Pemuda Dan Olahraga Zainudin Amali, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman dan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC) Raja Sapta Oktohari.
“Seminar akan dibuka oleh Ketua Umum PWI Pusat Bapak Atal S Depari. Kami berharap seminar akan mampu meningkatkan kiprah olahraga dalam mengangkat kejayaan dan mengharumkan nama bangsa di tingkat dunia. Selain itu juga bisa mewujudkan target besar yang dicanangkan Presiden Jokowi yaitu Indonesia dapat menjadi tuan rumah penyelenggara pesta olahraga dunia Olimpiade 2032,” ujar Gungde.
Menyinggung Rakernas Siwo PWI, Gungde menyatakan, Rakernas akan membahas evaluasi kinerja 2020 dan program kerja Siwo PWI Pusat 2021. Ada beberapa agenda penting seperti pelaksanaan Porwanas 2021 di Jawa Timur dan juga mengintensifkan program untuk menggelar kembali Sarung Tinju Emas yang merupakan persembahan para wartawan olahraga untuk tinju Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here