Kesiapan On Farm dan Off Farm Dipantau lewat Pengubinan Terpadu

0
55

BANYUASIN – Kementerian Pertanian mendukung kegiatan pengubinan terpadu sekaligus pembekalan bagi PPL THL di BPP Kostratani Kecamatan Tanjung Lago, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, Jumat (19/2/2021). Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah mengetahui kesiapan on farm dan off farm.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengatakan dalam kondisi apa pun pertanian tidak boleh berhenti.

“Pertanian bertugas menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia. Artinya, dalam kondisi apa pun pertanian harus terus berlangsung,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengutarakan hal serupa.

“Petani dan penyuluh harus terus turun ke lapangan. Harus memastikan produksi pertanian bisa terus berlangsung. Sebab pangan harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat,” katanya.

Menurutnya, pandemi Covid-19 tidak boleh menjadi alasan.

“Di masa seperti ini, pertanian sangat dibutuhkan, pangan menjadi sangat penting. Dan sektor pertanian termasuk yang mampu tumbuh positif disaat sektor lain ambruk,” katanya.

Kegiatan pengubinan terpadu di Banyuasin dipimpin langsung oleh Korlap BPP, M Saman, dengan Kepala BPS Banyuasin Edi Subeno, penyuluh lapangan, Petani, KTNA, gapoktan dan petugas POPT Provinsi Sumsel.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui seberapa jauh capaian provitas padi pada musim tanam 2020-2021, sejauhmana capaian penyuluhan yang telah dilakukan, baiksecara adopsi maupun inovasi.

Kegiatan ini juga untuk mengetahui seberapa jauh kesiapan off farm dan on farm, serta langkah agrosolution apa yang bisa dilakukan di masa mendatang.(EZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here