Dadung Wahyu Sejati, Duta Pendidikan Indonesia, Pemerhati Disabilitas Akan Berangkat ke New York

0
80
LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Dadung Wahyu Sejati, Duta Pendidikan Indonesia akan berangkat ke New York pada bulan Maret mendatang. Dadung akan hadir sebagai wakil delegasi Indonesia di Forum Pemuda Internasional.
Dadung yang merupakan salah satu  murid Homeschooling Kak Seto untuk jenjang pendidikan SMA, dilantik sebagai Putra Pendidikan Remaja Indonesia 2020 pada tanggal 17 Januari 2021 lalu.
Atas advokasinya yaitu Freedom of Learning for People with Disability, pemuda kelahiran Trenggalek 17 Januari 2004 ini rencananya akan mewakili Indonesia dalam Forum Pemuda Internasional yang akan diselenggarakan diadakan di New York.
Sebelumnya, ia juga menyabet penghargaan sebagai Putera Pendidikan Remaja Indonesia 2020 sebagai Duta Pendidikan yang menjadi pemerhati penyandang disabilitas.
Dadung mengangkat isu disabilitas karena menurutnya kaum disabilitas masih dianggap sebelah mata oleh sebagian masyarakat. “Padahal banyak dari penyandang disabilitas yang bisa sukses,” katanya saat konferensi pers di Homeschooling Kak Seto, Tangerang Selatan Rabu, 24 Februari 2021.
Di samping isu disabilitas, Dadung juga akan mengangkat isu lain, seperti lingkungan, pendidikan, dan pemberdayaan perempuan.
Dadung juga berpesan kepada generasi muda agar tetap belajar, dan selalu menjadi pemuda yang produktif.
“Jangan pernah melewatkan kesempatan untuk belajar dan jadilah pemuda yang produktif dan bermanfaat bagi sesama,”
Dadung sendiri merupakan salah satu murid di Homeschooling Kak Seto. Saat ini, ia duduk di kelas XI IPA.
Di tengah kegiatannya yang padat, Dadung tetap memilih pendidikan  sebagai dasar utama. Karena kesibukannya sebagai model dan bermacam kegiatan sosial, Dadung memilih untuk belajar dengan sistem homeschooling. Menurutnya jadwal homeschooling yang fleksibel merupakan salah satu pilihannya.
“Saya pilih homeschooling karena waktunya yang fleksibel. Saya bisa tetap belajar di sela kesibukan,” kata Dadung.
Kak Seto sendiri menjelaskan bahwa sistem pembelajaran  Homeschooling, bisa membuat anak-anak menjadi mandiri dan kreatif. Kak Seto juga mengatakan bahwa Homeschooling bisa menjadi satu alternatif pembelajaran yang dapat dilakukan oleh masyarakat dewasa ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here