Aktivitas Mengamati Tanaman Bisa Jaga Produktivitas

0
64

NUSA TENGGARA BARAT – Salah satu cara agar produksi pertanian bisa terus terjaga, adalah dengan melakukan pengamatan perkembangan tanaman. Melalui cara ini, Kementerian Pertanian mengajak para petani di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan menjaga produktivitas adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

“Tugas pertanian adalah menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat. Apalagi dalam pandemi Covid-19, pangan menjadi sangat penting. Karena pangan membantu pembentukan imunitas tubuh,” tuturnya.

Hal tersebut juga diperkuat Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi yang mengatakan pertanian tidak boleh bermasalah.

“Dalam kondisi apa pun, pertanian harus terus berlangsung. Pertanian tidak boleh bersoal, dan tidak boleh berhenti. Petani dan penyuluh harus turun ke lapangan untuk memastikan produksi tetap berlangsung,” ujarnya.

Dedi Nursyamsi menambahkan, peningkatan produksi pertanian juga harus dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas pertanian adalah melalui Sekolah Lapang IPDMIP. Dalam program ini, petani diajarkan berbagai strategi untuk meningkatkan produksi pertanian,” katanya.

Di Sekolah Lapang IPDMIP wilayah Kabupaten Dompu, NTB Petani diajak mengamati Perkembangan Tanaman. Khususnya di Daerah Irigasi (DI) Patula, di Desa Malaju, Kecamatan Kilo, Poktan Mada Oi Kabure.

Tidak hanya diberikan materi tetapi peserta juga sekaligus praktik mengenai pengamatan perkembangan tanaman dan penjelasan pembuatan pupuk POC dengan fasilitator Penyuluh, PP Swadaya dan staff lapangan. (YTS/EZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here