Terkesan Khasiat Kopi Lada Hitam Murni Khas Belitung, Sandiaga Uno: Tambah Stamina Saat Pandemi

0
32

JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno berkesempatan mengunjungi gerai-gerai ekonomi kreatif yang diberikan ruang di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Pameran kuliner tersebut diselenggarakan dalam rangka mendongkrak UMKM yang terdampak Covid-19.

Salah satu stand yang dikunjungi Sandiaga Uno adalah Gerai Kopi Lada Hitam Murni. Di stand kopi khas Belitung ini Sandiaga Uno mendapat penjelasan mengenai khasiat minuman yang dibuat dari biji kopi asli Belitung tersebut. Terkesan dengan khasiat yang dimilikinya, tak lupa Sandiaga Uno membeli Kopi Lada Hitam Murni sebagai buah tangan untuk diberikan kepada kerabat. “Kopi Lada Hitam Murni ini sekarang sudah hadir dan buka gerai di Kemenparekraf,” ujar Sandiaga Uno sambil menunjukkan kemasan Kopi Lada Hitam Murni yang dibelinya, Jumat (19/2/2021).

Bukan tanpa alasan Sandiaga memilih Kopi Lada Hitam Murni. Salah satu khasiat yang dimilikinya adalah menambah stamina. Menurutnya, ada banyak minuman khas asal Indonesia yang tak hanya sekadar minuman belaka, tetapi juga memiliki khasiat bagi kesehatan. “Salah satunya adalah Kopi Lada Hitam Murni ini yang memiliki khasiat untuk menambah stamina. Tentu pada masa pandemi Covid-19 ini kita butuh menambah stamina agar imun kita terjaga. Salah satunya tentu saja dihadirkan dalam bentuk Kopi Lada Hitam Murni ini,” tutur Sandiaga.

Sandiaga menilai pameran stand kuliner ini dalam rangka menggerakkan kembali roda perekonomian UMKM yang terdampak Covid-19. Kemenparekraf, Sandiaga Uno melanjutkan, amat mendukung dan telah memberikan berbagai stimulus agar sektor UMKM ekonomi kreatif dapat melewati fase kritis di masa pandemi.

Sebagaimana diketahui, Kopi Murni lahir dari olahan tradisional seorang perempuan bernama Cucu atau yang beken disapa Mamih Murni. Mamih Murni sendiri telah menjalankan usaha kopi tradisional atau kopi hitam sejak turun temurun dari kakek-neneknya. Hingga kini usaha keluarga itu terus digelutinya. Alasannya, kopi sudah menyatu dengan jiwa raganya. Pendek kata, segalanya dicurahkan untuk kopi.

Kedai Kopi Mamih Murni yang terletak di Belitung memang sudah terkenal. Tak hanya di dalam negeri, namun racikan Mamih Murni sukses menembus pasar global. Ya, Kopi Lada Hitam olahan Mamih Murni sukses menembus pasar internasional. Kedai Kopi Mamih Murni juga menyabet penghargaan sebagai salah satu UMKM kreatif di era pandemi.

Soal pelanggan jangan tanya, segala lapisan masyarakat mulai dari pejabat sampai masyarakat semua menjadi pelanggan tetapnya. Sukses dengan kopi tradisionalnya Mamih Murni tak lekas puas. Mamih Murni berkolaborasi dengan Ardika dan Aji menciptakan kopi kekinian yang bahan baku kopinya didatangkan dari Belitung dan daerah lain di Indonesia. “Hasil kolaborasi ini menghasilkan inovasi berupa kopi kekinian sebagaimana disebutkan di atas,” kata Mamih Murni.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here