SL IPDMIP Ajarkan Teknik Pemupukan untuk Petani Madapangga NTB

0
38

NUSA TENGGARA BARAT – Tambahan ilmu didapat petani di Kecamatan Madapangga, Nusa Tenggara Barat. Melalui kegiatan Sekolah Lapang IPDMIP, para petani mendapatkan materi mengenai teknik pemupukan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan berharap kegiatan ini bisa meningkatkan produktivitas pertanian.

“Salah satu tujuan dari digelarnya program IPDMIP adalah untuk meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya di daerah irigasi. Untuk itu, petani harus bisa menyerap ilmu yang ada di dalam kegiatan ini,” katanya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi, mengutarakan hal serupa.

“Sekolah Lapang IPDMIP akan memberikan banyak ilmu yang bisa diserap petani dan diterapkan di lahan pertanian masing-masing,” katanya.

Ditambahkan Dedi Nursyamsi, SL IPDMIP memberikan materi dari kegiatan on farm sampai off farm.

“Tujuannya jelas, untuk meningkatkan produktivitas yang berimbas pada peningkatan pendapatan petani. Ujung-ujungnya adalah peningkatan kesejahteraan petani,” katanya.

Kegiatan SL IPDMIP di Kabupaten NTB dilaksanakan Senin (15/2/2021), di DI Embung Woro, Kecamatan Madapangga, Desa Mpuri, pada Kelompok Tani Kalate.

Sebanyak 20 peserta ambil bagian dalam kegiatan ini, terdiri dari 9 orang laki-laki dewasa, 7 perempuan, serta 4 petani muda.

Pada pertemuan ke 4 ini, materi yang disampaikan adalah Pemupukan Susulan I dan Penggunaan BWD, dengan Fasilitator Penyuluh, PP Swadaya & Staf Lapangan, serta Supervisor DPIU. KJF Distanbun Kabupaten Bima dan TPM.(YTS/EZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here