Kebijakan Baru Kemenkes RI Tidak Batasi Penerima Vaksin Covid-19

0
274

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mengeluarkan kebijakan baru bagi penerima vaksin Covid-19 diseluruh wilayah.

Langkah ini dilakukan untuk memfasilitasi penerima vaksin Covid-19 yang sebelumnya tidak diperkenankan ikut serta.

Kebijakan Baru Kemenkes RI tersebut tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI Nomor HK.02.02/I/368/2021 Tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid dan Penyintas Covid-19 serta Sasaran Tunda, yang ditandatangani pada 11 Februari lalu oleh Plt Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, Dr.dr. Maxi Rein Rondonuwu, DHSM. MARS.

Sesuai Surat Edaran tersebut, Kemenkes RI menegaskan vaksinasi Covid-19 dapat diberikan pada kelompok usia 60 tahun keatas, komorbid, penyintas Covid-19 dan Ibu menyusui, dengan terlebih dahulu dilakukan anamnesa tambahan, dimana pelaksanaan pemberian vaksinasi harus mengikuti petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi.

Petunjuk teknis pelaksanaan vaksinasi berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan RI Nomor HK.02.02/I/368/2021 untuk kelompok lansia adalah pemberian vaksinasi pada kelompok usia 60 tahun keatas diberikan 2 dosis dengan interval pemberian 28 hari (0 dan 28). Kelompok komorbid dan hipertensi dapat divaksinasi kecuali jika tekanan darahnya di atas 180/110 MmHg, dan pengukuran tekanan darah sebaiknya dilakukan sebelum meja skrining. Diabetes dapat divaksinasi sepanjang belum ada komplikasi akut. Penyintas kanker dapat tetap diberikan vaksin, penyintas Covid-19 dapat divaksinasi jika sudah lebih dari 3 bulan, ibu menyusui dapat diberikan vaksinasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here