Elektabilitas Terus Tinggi, Golkar Masuk Dua Besar Pilihan Masyarakat Indonesia!

0
40

JAKARTA – Partai Golkar terus menjadi favorit masyarakat Indonesia. Elektabilitasnya selalu di atas dalam setiap survei politik yang digelar institusi independen dan terpercaya. Serupa hasil survey Indonesia Development (IDM) yang menempatkan elektabilitas Partai Golkar kokoh di papan atas. Berstatus big two, Golkar hanya terpaut 0,6% dari PDI Perjuangan (PDIP). Publik juga menilai Golkar sebagai partai paling loyal terhadap program kerja pemerintah.

Hasil survei sikap masyarakat terhadap pemerintah dan partai politik selama pandemi Covid-19. Menariknya, IDM tidak menyertakan nama partai politik (parpol) di dalamnya. Hasilnya, para responden menempatkan Golkar sebagai partai yang akan dipilih jika Pemilu digelar saat ini. Partai Golkar pun mendapatkan slot 16,1%, hanya terpaut 0,6% dari PDIP. PDIP pun mengantongi suara 16,7%.

“Golkar dan PDIP sama-sama mendapatkan respon 16%. Hal ini tentu menjadi fenomena yang sangat menarik. Jika Pemilu digelar saat ini, maka suara mereka akan optimal,” ungkap Direktur Eksekutif IDM Tri Permadi.

Memetakan minat voters, survei IDM digulirkan 10-19 Januari 2021. Treatmentnya melalui wawancara telepon kepada responden. Para responden tersebar pada 34 provinsi dan dipilih secara acak. Margin of error survei sekitar 2,44% dengan tingkat kepercayaan 95%. Lebih lanjut, selain Golkar dan PDIP, Partai Demokrat ada di grid berikutnya dengan 11,6%.

Posisi berikutnya ada Partai Kebangkitan Bangsa dengan 8,9%, lalu diikuti Partai Keadilan Sejahtera yang memiliki slot 6,6%. Elektabilitas Partai Gerindra hanya direspon 5,2%, jauh di bawah NasDem yang memiliki suara 6,2%. Untuk Partai Solidaritas Indonesia dipilih 2,3%. Masing-masing kuota 2,1% dibukuka Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan.

“Untuk mengetahui stabilitas posisi parpol, kami gulirkan beberapa simulasi. Pada simulasi kedua, Golkar dan PDIP masih yang tertinggi jika Pemilu digelar saat ini,” terang Tri lagi.

Pada simulasi kedua, IDM menyebutkan 9 parpol yang saat ini duduk di parlemen DPR RI. Hasilnya, Partai Golkar memiliki slot 18,1%. Terpaut tipis dari PDIP yang mendapat suara 18,2%. Posisi berikutnya ada Partai Demokrat dengan 14,2%, lalu Partai Kebangkitan Bangsa yang mendapat slot suara sekitar 9,7%.

Semakin kompetitif, survei IDM juga menunjukan tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dari 1650 responden, ada 81,9% yang sangat percaya dengan program pemulihan ekonomi nasional dan penanggulangan pandemi Covid-19. Saat ini Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto diplot sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Semakin masif, sekitar 74,9% masyarakat tetap mendukung dan percaya pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. IDM juga menanyakan dukungan parpol terhadap pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Dan hasilnya, publik menilai Golkar sebagai partai yang paling mendukung program pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Mengacu data, Partai Golkar dinilai 96,7% dari 1.650 responden sangat mendukung program pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Sementara, PDIP berada pada urutan ke-2 sebagai pendukung program Joko Widodo-Ma’ruf Amin dengan 90,8%. “Golkar ini partai yang sangat loyal dengan program pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Dukungan mereka totalitas,” tutup Tri.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here