Petani Kempo Dompu Panen Raya di Lokasi IPDMIP

0
72

DOMPU – Kementerian Pertanian memberikan dukungan kepada petani di Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, yang Rabu (27/1/2021) lalu melakukan panen raya.

Kegiatan panen raya berlangsung di lokasi IPDMIP, tepatnya Daerah Irigasi Nae Kempo, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, NTB. Dari panen raya ini, petani mendapatkan 8.9 ton menggunakan Varitas IR 64 dengan metode tanam jajar legowo . Juga hasil Ubinan 5.6 kg konversi ke 1 Ha.

Hadir dalam kegiatan itu Sekretaris Dinas Pertanian, Kasie Penyuluhan, KUPTD, Koordinator BPP, Konsultan Regional 7 IPDMIP (NTB dan NTT), dan pengurus serta Anggota Poktan.

Hasil yang dicapai ini memenuhi harapan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dalam mewujudkan ketahanan pangan. Menteri Pertanian berharap petani Dompu bisa menjaga produktivitas tersebut.

“Kita berharap petani bisa terus meningkatkan hasil panen agar turut menjaga ketahanan pangan,” tuturnya.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) mengatakan petani harus mampu memaksimalkan ilmu yang didapat dari IPDMIP.

“IPDMIP bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, sekaligus juga meningkatkan pendapatan petani. Oleh sebab itu, petani harus bisa menyerap ilmu yang diberikan dari program IPDMIP,” tuturnya.

Dedi Nursyamsi menambahkan, penyuluh memiliki peran yang tidak kecil atas keberhasilan ini.

“Keberhasilan panen raya ini juga dibantu penyuluh yang selalu turun mendampingi petani, serta memberikan masukan agar produksi bisa terus berlangsung,” katanya.

Para petani sendiri berharap tingginya hasil provitas dapat memacu semangat petani untuk menerapkan pola jajar legowo (Jarwo) pada kegiatan budidaya pertanian di masa-masa yang akan datang.

Cara ini sangat bermanfaat. Apalagi pada setiap tahapan kegiatan dijelaskan oleh PPL pendamping secara detail tentang cara tanam jarwo.(EZ/PF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here