Airin Dijuluki Female Titans Pasca Suntik Vaksin Sinovac

0
47

JAKARTA – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mendapatkan julukan baru Female Titans. Sebutan tersebut diterima Airin pasca disuntik vaksin Sinovac. Adalah sang putri, Ghefira Marhamah Wardana, yang memberi label tersebut melalui media sosialnya. ‘Bismillah female titans’ tulis Ghefira melalui akun @ghefirawrdn.

“Alhamdulillah tidak ada apa-apa. Anak saya saja ngomong Female Titans katanya. Baca nggak di Instagram,” ungkap Airin.

Julukan female titans tersebut diberikan Ghefira melalui kolom komentar unggahan foto Airin saat disuntik vaksin Sinovac, Kamis (14/1). Lokasinya berada di Pendopo Bupati Tangerang, Tangerang. Airin pun mengaku tidak merasakan keluhan apapun pasca masa observasi 30 menit. Usai divaksin, Airin pun langsung bergegas menuju kantornya untuk melanjutkan tugas-tugasnya. Airin lalu menunggu reaksi vaksinnya hingga 24 jam berikutnya.

“Alhamdulillah semua bagus. Kondisi saya baik-baik saja pasca vaksinasi. Tidak ada gejala efek samping. Aktivitas saya bahkan sudah normal seperti sebelum divaksin,” terang Airin.

Jaminan keamanan vaksin Covid-19 sebelumnya sudah diberikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Senin (11/1). Vaksin ini bagi masyarakat Indonesia memiliki efikasi mencapai 65,3%. Prosentasenya di atas batas minimal 50% yang digariskan WHO. Acuannya adalah proses uji tahap III yang dilakukan selama 3 bulan.

Dinyatakan aman, vaksin Sinovac memiliki efek samping ringan dan sedang. Ada juga efek samping berupa nyeri otot. Untuk sakit kepala hanya disampaikan 0,1%. Artinya, secara keseluruhan efek samping yang muncul dari vaksin Sinovac tidak berbahaya. Lebih lanjut, efek samping tersebut juga ditemukan dalam pasien penerima Plasebo.

“Saya awalnya sempat khawatir karena efeknya bisa lemas setelah divaksinasi. Tapi, tidak apa-apa kok. Saya sempat penasaran karena katanya pucat. Ternyata tidak pucat. Efek kacamata saja,” jelas Airin sambil tersenyum.

Mensukseskan program vaksinasi, Tangsel melibatkan beragam Fasilitas Kesehatan. Dari 67 Fasilitas Kesehatan, rinciannya terdiri dari 1 RSUD, 29 Puskesmas, 23 Rumah Sakit Swasta, dan 14 Klinik Swasta. Khusus untuk program vaksinasi bagi tenaga kesehatan, ada 5 Fasilitas Kesehatan yang digunakan. Rincian 1 RSUD hingga 4 Puskesmas. RSUD yang dipilih adalah Tangsel, lalu Puskesmasnya terdiri Setu, Jurang Mangu, Jombang, dan Kampung Sawah.

Lebih lanjut, Tangsel puni sudah menerima 8.920 vaksin Covid-19. Tahap pertama Vaksinasi tersebut akan diberikan kepada 12 Ribu tenaga kesehatan. Vaksinasi Covid-19 tahap pertama di Tangsel akan digelar 15 Januari hingga 1 Februari 2021. Untuk vaksinasi Covid-19 dosis kedua diberikan pada 29 Januari sampai 15 Februari 2021. Bukan hanya sarana prasarananya, Tangsel juga sudah mematangkan simulasinya. Sebelum disuntik, penerima vaksin akan didata status cormobid, pengecekan tensi, dan lainnya.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here