Penuhi Kebutuhan Pangan, Kabupaten Kepulauan Seribu Tingkatkan Budidaya Sayuran Hidroponik

0
21

LIPUTAN1.COM, JAKARTA-Kabupaten Kepulauan Seribu terus meningkatkan budidaya sayuran hidroponik, untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Langkah ini dilakukan dengan menghadirkan Kelompok Tani (Poktan) yang melibatkan Sudin KPKP Kepulauan Seribu, dalam membantu proses budidaya sayuran hidroponik.

Terlihat usaha Kabupaten Kepulauan Seribu sendiri telah membuahkan hasil, salah satunya dalam kegiatan panen perdana sayuran hidroponik di green house Kelompok Tani (Poktan) Pemuda Kelapa Harapan, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kamis (28/01/2021).

Dalam kegiatan yang dihadiri langsung Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi dan didampingi Wakil Camat Kepulauan Seribu Utara, Andi Muchdar, Kepala Sudin KPKP Kepulauan Seribu, Devi Lidya dan Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta, Muhammad Idris, berhasil meraih panen sayur kangkung 98,5 kg dan sayur sawi caisim 46,5 kg.

“Panen perdana sayuran hidroponik ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan sayuran masyarakat setempat. Dan ini harus berkelanjutan, jangan hanya sesaat. Ini model yang sangat bagus dalam rangka bagaimana kita menjaga ketahanan pangan,” tegas Junaedi.

Kehadiran Poktan yang mengelola sayuran hidroponik ini juga bisa menjadi solusi masyarakat Kepulauan Seribu dalam memenuhi kebutuhan pangan.

“Pertanian perkotaan ini menjadi role model di tiap-tiap Pulau Permukiman, sehingga menjaga ketahanan pangan, dan memudahkan kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here