Sisi Humanis Airlangga Hartarto, Donor Plasma Konvalessen Covid-19

0
91

JAKARTA – Sisi kemanusiaan terus ditunjukan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Dedikasinya harus diapresiasi, sebab Airlangga menjadi donor plasma darah Konvalessen Covid-19. Jenis darah ini bisa digunakan sebagai obat bagi pasien Covid-19. Pengambilan darahnya pun sudah dilakukan Senin (18/1 di Jakarta dan disaksikan Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla.

“Pak Airlangga hadir untuk menyumbangkan plasmanya. Donor plasma darah ini tentunya sebagai rasa syukur karena telah sembuh dari Covid-19. Plasma ini tentu sangat berharga bisa membantu mereka yang belum sembuh dari Covid-19,” ungkap Ketua Umum PMI Jusuf Kalla (JK).

PMI sebelumnya meluncurkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konvalesen Covid-19, Senin (18/1). Plasma darah ini pun sangat berharga. Sebab, plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari pasien sembuh Covid-19. Kandungannya antibodi SARS-Cov-2. Plasma ini kemudian diproses agar dapat didonorkan kepada pasien aktif Covid-19. Gejalanya bisa berat dan kritis. Hanya saja, Airlangga tidak pernah diketahui kapan pastinya positif Covid-19.

Terapi plasma darah Konvalessen menjadi metode tambahan bagi pasien Covid-19. Sebab,enjadi konsep imunisasi pasif melalui donor plasma darah. Di dalamnya mengandung antibodi SARS-Cov-2 dan bisa mengatasi gejala Covid-19 dengan level berat dan klinis. “Peduli kepada sesama tentu menjadi tindakan sangat terpuji. Gerakan ini menjadi metode terapi lain bagi pasien Covid-19,” terang JK.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here