Petani Majalengka Diminta Ikut Asuransi untuk Hindari Kerugian

0
31

Majalengka – Sejumlah petani di Majalengka, Jawa Barat, terancam menderita kerugian. Sebab, ratusan hektare lahan sawah milik petani di tujuh desa di Kecamatan Jatitujuh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, terendam banjir. Kementerian Pertanian mengajak petani untuk memanfaatkan asuransi.

banjir yang merendam ratusan hektare pesawahan tersebut, terjadi akibat tingginya intensitas hujan ditambah dengan pendangkalan aliran kali Cibuaya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan petani asuransi akan mendukung petani dalam beraktivitas. Asuransi juga bisa membantu petani menghindari kerugian.

“Asuransi bisa membantu petani menjaga lahan. Sebab, asuransi memiliki klaim yang bisa dimanfaatkan petani untuk tanam kembali jika terjadi gagal panen,” tuturnya, Kamis (7/1/2021).

Dirjen PSP Kementerian Pertanian Sarwo Edhy mengatakan, asuransi adalah bagian dari mitigasi bencana.

“Asuransi bisa membantu petani jika terjadi gagal panen akibat kekeringan, banjir, serangan hama, cuaca ekstrim dan lainnya,” tuturnya.

Sarwo Edhy menjelaskan, asuransi tidak akan memberatkan petani.

“Terlebih, pemerintah memberikan subsidi untuk premi. Sehingga yang harus dibayarkan petani menjadi lebih ringan lagi. Oleh sebab itu, sayang sekali jika petani tidak memanfaatkan asuransi,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here