Airlangga Dinilai Paling Ideal Maju di Pilpres 2024

0
34

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dinilai paling layak dan berpeluang berkontentasi dalam Pilpres 2024. Ketua Umum Partai Golkar tersebut terus dikaitkan dengan posisi capres oleh banyak lembaga survei. Tangan dinginnya membuat Partai Golkar menjadi juara dalam kontestasi Pilkada Serentak 2020. Airlangga juga sukses menjalankan misi ekonomi Indonesia sekaligus menangani pandemi Covid-19.

“Nama Airlangga telah disebutkan dalam banyak lembaga survei. Sosoknya paling mungkin tampil di Pilpres 2024. Merujuk banyak survei, Airlangga bisa maju sebagai capres atau cawapres,” ungkap Pengamat Politik Universitas Al Azhar Indonesia Ujang Komarudin.

Merujuk banyak lembaga, opini kelayakan Airlangga maju dalam Pilpres 2024 diberikan Sudut Demokrasi Riset dan Analisis (SUDRA). SUDRA menyatakan Airlangga jadi Ketum Parpol yang ideal sebagai presiden. Apalagi, Airlangga menjadi Ketum Partai Politik (Parpol) yang memiliki kursi di Parlemen.

“Bukan hanya lembaga survei, Airlangga bersama Golkar memiliki suara terbesar kedua di Pemilu 2019 silam. Lebih dari itu, Golkar menjadi partai paling sukses di Pilkada Serentak 2020. Golkar menjadi pemenangnya,” terang Ujang lagi.

Performa Partai Golkar sepanjang Pilkada Serentak 2020 terus diapresiasi. Sebab, partai ini mampu memenangkan persaingan hingga 61,1%. Ada banyak faktor yang terus dikupas, seperti network akar rumput yang kuat. Tokoh Golkar tersebar merata, hingga keberhasilan proses regenerasi kader mudanya. Lebih penting lagi, figur Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Ada beberapa faktor penting kebijakan Airlangga yang bisa digarisbawahi. Salah satu yang paling populer menerapkan kebijakan baru, yaitu Pilkada Tanpa Mahar. Kebijakan ini membuat internal partai lebih kondusif. Lebih seimbang antara pusat dan daerah. Airlangga juga memberikan space besar bagi kandidat potensial Golkar untuk memusatkan seluruh sumber dayanya. Totalitas memberikan ide dan gagasan dalam penguatan kampanyenya.

“Airlangga bisa berangkat menuju Pilpres 2024 dari kluster Ketum Pertanian dan Menteri (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian),” tegas Ujang.

Menjadi menteri, performa Airlangga juga impresif mengatrol roda ekonomi nasional di tengah kelumpuhan global akibat pandemi Covid-19. IHSG dan nilai tukar rupiah saat ini terus menunjukan kinerja positif. Angka tersebut sudah kembali lagi ke nilai Rp7.033,76 Triliun pada 29 Desember 2020. Jumlahnya naik Rp2.477 Triliun bila dikomparasikan dengan posisi terendah di akhir Maret 2020.

Posisi riil IHSG hingga 29 Desember sudah berada pada level 6.036. Lalu, bagaimana dengan nilai tukar rupiahnya? Nilai tukarnya menyentuh Rp14.130 per USD1. Perekonomian Indonesia diprediksi tumbuh positif 4,5% hingga 5,5%. Atas performa itu, wajar bila publik puas dengan kinerja pemulihan ekonomi nasional. Acuannya, hasil survei LKPI yang menyatakan tingkat kepuasan 76,6% dari 1.225 responden di berbagai wilayah di Indonesia.

“Airlangga kan juga Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN). Sekarang ini tinggal bagaimana Airlangga membuktikan elektabilitasnya. Popularitasnya harus terus didorong dan ditingkatkan,” pungkas Ujang.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here