Airin Waspada Covid-19, Tempat Transit Pasien di Tangsel 100% Siap

0
14

TANGERANG SELATAN – Langkah penanganan Covid-19 ala Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany layak diapresiasi. Memastikan daya dukung infrastrukturnya, Tempat Transit Untuk Pasien Covid-19 pun disiapkan sepenuhnya. Tempat transit tersebut tersebar merata pada tiap kecamatan di Tangsel.

“Walikota Tangsel sangat fokus terhadap Covid-19. Tempat Transit Untuk Pasien Covid-19 sudah siap sejak kemarin. Tempat ini dibuka pada satu titik di tiap kecamatan. Kami ingin pasien Covid-19 diberikan pelayanan terbaik dan maksimal,” ungkap Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie.

Optimalisasi penanganan pasien positif Covid-19 diberikan Pemerintah Kota Tangsel. Salah satu modelnya adalah Rumah Sakit Pakulonan atau Serpong Utara. Rumah sakit tersebut menyiapkan 71 tempat tidur bagi pasien Covid-19. Menjadi sarana prasarana baru, rumah sakit tersebut diarahkan untuk penanganan pasien Covid-19 dengan gejala sedang. Benyamin menambahkan, kapasitas tempat tidur Tempat Transit Untuk Pasien Covid-19 bisa ditingkatkan.

“Kami banyak memiliki sarana prasarana kesehatan baru, seperti Rumah Sakit Pakulonan. Tempat-tempat tersebut sudah disiapkan untuk menerima pasien Covid-19. Kapasitasnya sekitar 71 tempat tidur, tapi bisa dimaksimalkan menjadi 100. Tergantung situasi dan kondisi, meski berharap itu tidak terjadi. Semua bekerja mengendalikan sebaran Covid-19,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Benyamin meminta masyarakat agar berobat ke Puskesmas. Sebab, Pemkot Tangsel sudah menyiapkan Puskesmas khusus bagi penanganan Covid-19. Artinya, Puskesmas tersebut tidak diizinkan memberikan pelayanan kesehatan lainnya. Puskesmas tersebut juga disiapkan sesuai dengan regulasi protokol kesehatan dan standard penanganan Covid-19.

“Penanganan Covid-19 bisa dilakukan di Puskesmas. Tangsel menyiapkan Puskesmas bagi penanganan pasien Covid-19. Semuanya sudah dicek, baik itu Puskesmas atau Rumah Sakit,” tutup Benyamin yang kini terpilih sebagai Walikota Tangsel periode 2020/2024 bersama Pilar Saga Ichsan.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here