Di Demak, Alsintan Bantuan Ditjen PSP Kementan Dikelola UPJA

0
6

DEMAK – Kementerian Pertanian, melalui Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), memberikan dukungan untuk peningkatan produktivitas pertanian di Demak, Jawa Tengah. Dukungan tersebut berupa bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan).

Bantuan alsintan yang diterima kelompok tani di Demak terdiri dari 480 unit traktor, 94 unit combine harvester, 385 unit pompa air dan 107 unit rice transplanter. Pemanfaatan alsintan di Demak sendiri dikelola Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA).

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan alsintan memiliki banyak manfaat.

“Dengan bantuan alsintan ini, kita berharap petani bisa meningkatkan produktivitas pertanian. Sehingga ketahanan pangan akan selalu terjaga,” tuturnya, Minggu (27/12/2020).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, mengatakan dengan alsintan Kementan ingin mewujudkan pertanian yang Maju, Mandiri, dan Modern.

“Kita mendukung mekanisasi di bidang pertanian. Caranya dengan memberikan bantuan alsintan. Dengan alsintan, petani bisa meningkatkan produktivitas. Karena, alsintan bisa menekan losses,” tuturnya.

Sarwo Edhy menambahkan, petani bisa memanfaatkan alsintan untuk semua kegiatan pertanian.

“Baik dari hulu sampai hilir, alsintan bisa menemani aktivitas petani. Seperi olah lahan dengan traktor, tanam dengan transplanter, panen dengan combine harvester, hingga proses packaging,” tuturnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Demak, Wibowo menyebutkan peningkatan pemanfaatan alsintan di wilayahnya didukung dengan pengembangan organisasi Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA).

“Kami lakukan sosialisasi dan pembinaan UPJA, salah satu UPJA yang sangat menonjol disini adalah UPJA Karya Bersama,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here