Pagaralam Kembali Dapat Bantuan Alsintan Ratusan Unit

0
10

PAGARALAM – Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan sejumlah Alat Mesin Pertanian (Alsintan) untuk petani di Pagaralam. Bantuan diserahkan oleh Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru sebagai bentuk kepercayaan pihak pusat dan Provinsi akan sektor pertanian di Pagaralam.

Jumlah Alsintan yang dibagikan antara lain traktor roda dua 40 unit, cultivator 30 unit, pompa air 50 unit, power thresheer 10 unit, dan corn sheller 10 unit. Ratusan alsintan ini dibagikan ke 28 kelompok tani mewakili dari 5 kecamatan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, bantuan tersebut diharapkan mampu membantu seluruh kegiatan pertanian di Pagaralam, mulai dari proses tanam, panen, hingga pengelolaan hasil panen.

“Kelompok tani Pagaralam diharapkan memanfaatkan secara maksimal seluruh bantuan yang telah diberikan, termasuk bantuan selain alsintan,” kata Mentan SYL, Sabtu (26/12).

Mentan SYL minta bantuan Alsintan ini dikelola Brigade Alsintan. Sebab, pengelolaan Alsintan secara perorangan kurang efesien. Diharapkan dapat meningkatkan kegiatan ekonomi petani dengan beragam bentuk pelayanan jasa alsintan dalam usaha tani.

“Selain memberikan pendapatan, Alsintan juga lebih terawat dan siapapun bisa menggunakannya,” kata Mentan SYL.

Sementara, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan, Sarwo Edhy mengatakan, penggunaan teknologi diharapkan mampu meningkatkan produksi padi pada tahun-tahun mendatang.

“Dengan teknologi, diharapkan tidak terdengar adanya penurunan produksi. Gunakanlah alat canggih yang ada supaya kita bisa ekspor. Kita harus serius dalam mengurus pertanian ini,” ujarnya.

Selain ke Brigade Alsintan, lanjut Sarwo Edhy, petani juga bisa melakukan sewa pinjam Alsintan yang dikelola Usaha Pengelolaan Jasa Alsintan (UPJA) dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) di daerah masing-masing.

“Dengan menggunakan Alsintan, petani akan lebih hemat dan lebih cepat dalam proses menanam juga panen,” kata Sarwo Edhy.

Herman Deru mengingatkan kepada kelompok tani yang akan menerima bantuan alsintan ini untuk dapat memanfaatkan alat ini dengan baik dan sesuai peruntukannya.

“Kami harap petani dapat memanfaatkannya dengan baik. Serta jangan digunakan hanya untuk perorangan saja namun dimanfaatkan untuk banyak orang,” ujar Herman Deru.

Selain itu, Herman Deru juga mengajak para petani di Pagaralam agar dapat memaksimalkan sektor pertanian. Pasalnya sektor pertanian ini merupakan sektor unggulan pertama di Sumsel selian sektor pertambangan.

“Dengan luasnya lahan pertanian membuat perekonomian di Sumsel dimassa pandemi tetap stabil dan tidak terlalu berdampak. Untuk itu kami minta para petani Pagaralam untuk tetap istiqomah dalam bertani agar seluruh masyarakat di Sumsel tetap bisa menikmati hasil pertanian asal Kota Pagaralam,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here