Insan BPPSDMP Diajak Perkuat Kerjasama dalam Rakor Kesekretariatan

0
10

JAKARTA – Agar kinerja lebih optimal di tahun depan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian mengajak jajarannya untuk melakuan evaluasi target kinerja. Segenap Insan BPPSDMP juga diajak memperkuat kerjasama untuk mencapai sukses.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, dalam Rakor Kesekretariatan Mendukung Kostratani, Kamis (17/12/2020).

“Tujuan dari Rakor ini adalah mengevaluasi target kinerja dalam mendukung aksi BPPSDMP. Dengan kata lain, kita ingin target kinerja untuk tahun mendatang bisa lebih dimaksimalkan. Lewat kegiatan ini, kita juga memberikan apresiasi kepada seluruh pegawai BPPSDMP,” tutur Dedi Nursyamsi.

Selain itu, Dedi juga mengingatkan insan pertanian untuk tidak lupa terhadap tujuan pembangunan pertanian.

“Sebagai insan pertanian, kita tidak boleh lupa terhadap tujuan pembangunan pertanian, yaitu menciptakan pangan, meningkakan kesejahteraan petani, dan meningkatkan ekspor,” tuturnya. 

Sedangkan untuk pegawai BPPSDMP, Dedi mengingatkan 3 program utama BPPSDMP.

“Kita di BPPSDMP memiliki 3 program utama yang wajib didukung pegawai BPPSDMP. Yaitu, harus mendukung
Kostrani, pembangunan petani milenial, serta support program utama Kementan,” katanya.

Dedi pun berharao insan BPPSDMP bisa fokus pada tupoksinya masing-masing.

“Kita ibaratkan Pleton A itu ada Pusdik, Pleton B ada Pusluhtan, Pleton C Puslatan, dan Pleton D ada Sekretariat atau urusan logistiknya. Ada urusan anggaran, perencanaan, keuangan, dan evaluasi. Jadi semua harus fokus terhadap tupoksi masing-masing,” katanya.

Dalam arahannnya, Dedi meminta masing-masing bidang tidak saling ikut campur terhadap urusan yang lain.

“Perkuat kerjasama tim. Atur kerjasama lini dengan sebaik-baiknya. Ibarat tim sepakbola. Kualitas serta keberhasilan tugas masing-masding tim, ada di kerjasama. Jadi harus kompak, saling bantu, saling suport dan saling dukung. Bangun kerjasama yang baik dimulai dari hal yang kecil. Dan jangan lupa, manfaatkan IT,” katanya.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan kemajuan pertanian harus menjadi tugas bersama, khususnya insan pertanian.

“Salah satu yang harus kita lakukan adalah menjaga ketahanan pangan nasional. Dan ini bukan hanya tugas kita, tetapi tugas semua. Untuk insan pertanian, perkuat kerjasama untuk mendukung kesuksesan program utama Kementan. Karena dengan kerjasama kita akan bisa mewujudkan apa yang kita impikan,” katanya.(NF/EZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here