Kemenparekraf Lakukan Revitalisasi Toilet di Goa Lawah Klungkung

0
19

KLUNGKUNG – Kebersihan ada salah satu faktor utama untuk membangun kembali destinasi pariwisata. Hal ini juga menjadi perhatian Kemenparekraf/Baparekraf. Melalui kegiatan Revitalisasi Toilet Bersih, Kemenparekraf membantu pemulihan destinasi wisata Goa Lawah di Klungkung, Bali.

Serah terima Revitalisasi Toilet Bersih di Goa Lawah – Klungkung, dilakukan Kamis (10/12/2020).

Menurut Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf, Wawan Gunawan, revitalisasi adalah bentuk keseriusan Kemenparekraf untuk menyiapkan destinasi.

“Memang kita tidak tahu kapan pandemi akan berakhir. Tetapi, kita optimistis kondisi akan membaik tahun depan. Untuk itu, Kemenparekraf melakukan sejumlah program agar destinasi-destinasi pariwisata kembali siap menyambut wisatawan. Hal ini juga yang kita lakukan di Bali sebagai destinasi utama di Tanah Air,” katanya.

Menurut Wawan Gunawan, kegiatan revitalisasi dilakukan diseluruh kabupaten/kota di Bali.

“Kegiatan ini kita lakukan di 8 kabupaten dan 1 kota di Bali. Kita ingin Bali benar-benar siap menyambut wisatawan,” katanya.

Wawan menambahkan, pelaksanaan kegiatan Revitalisasi Destinasi Wisata meliputi Museum Kertagosa, Dewi Bakas, dan Revitalisasi Toilet di Goa Lawah Kabupaten Klungkung.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Pariwisata Kemenparekraf, Hari Santosa Sungkari, revitalisasi juga sebagai bentuk antisipasi kunjungan wisatawan di akhir tahun nanti.

“Momen terdekat adalah libur akhir tahun. Kita memprediksi momen ini akan dimanfaatkan wisatawan nusantara untuk melakukan pergerakan. Dan Bali sepertinya masih menjadi tujuan utama, hal ini yang kita siapkan,” tuturnya.

Hari Sungkari pun meminta seluruh destinasi di Bali menerapkan Cleanliness, Health, Safety, Environment (CHSE).

“Penerapan protokol kesehatan sesuai standar CHSE wajib dilakukan. Karena CHSE akan menjadi jaminan buat wisatawan agar bisa tenang saat berwisata ke Bali,” katanya.

Kegiatan diwarnai penandatanganan serah terima Toilet Bersih di Goa Lawah oleh Direktur Pengembangan Destinasi Regional II Kemenparekraf dan Kadispar Kabupaten Klungkung disaksikan Bupati Klungkung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here