Injury Time Pilkada Tangsel 2020, Benyamin-Pilar Leading di Semua Lini

0
16

TANGERANG SELATAN – Pilkada Tangerang Selatan (Tangsel) 2020 memasuki injury time. Sebentar lagi memasuki fase tenang. Mendekati hari pemungutan suara pada Rabu (9/12), elektabilitas Calon Walikota/Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan semakin leading. Terus mengalami polarisasi masif di berbagai lini. Itulah sinyal kemenangan mereka!

Status terkuat dan paling berpeluang menang Benyamin-Pilar pada Pilkada Tangsel 2020 kini diberikan lembaga Kajian Politik Nasional (KPN), Sabtu (5/12). KPN menempatkan elektabilitas Benyamin-Pilar tertinggi dengan 30,1%. Elektabilitas Muhamad-Saraswati hanya 17,1%, Siti Nur Azizah-Ruhamaben diberi slot 13,6%. Sisanya memilih golput dengan slot 0,2% dan tidak menjawab survei 0,6%.

Survei KPN pun paling update karna dilakukan 23-27 November 2020. Metode surveinya multistage random sampling (MRS). Jumlah total sampelnya ada 976 orang atau 1% dari populasi. Margin of Error (MoE) +3,2% dengan tingkat kepercayaan 95%. Direktur Eksekutif KPN Miftahul Adib mengungkapkan, survei elektabilitas untuk mengukur kinerja seluruh lini jelang Pilkada Tangsel 2020.

“Survei ini dilakukan untuk mengukur kerja keras semua pihak. Secara umum ada peningkatan dalam hal partisipasi publik. Hasil simulasi menunjukan Benyamin Davnie lolos sebagai Walikota Tangsel,” ungkap Adib.

Dari 61,7 persen responden yang memilih akan datang ke TPS dan mencoblos. Dari slot tersebut, suara terbanyak tetap diberikan kepada Benyamin-Pilar. Ada 294 sampel atau 30,1% pemilih yang akan memberikan hak suaranya kepada mereka. Adib pun menambahkan, KPN telah membedah lebih detail menyangkut perilaku pemilih. Segmentasinya, responden partisipatif, golput garis keras, harapan para elektoral, dan lainnya.

“Ada fenomena baru di Tangsel. Untk golput garis keras sekitar 0,2% dan semuanya sudah dibedah. Jika bercermin dari hasil survei, harapan elektoral di basis golput itu masih ada. Untuk slot tersebut, masing-masing paslon masih punya peluang untuk merebutnya,” terangnya.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here