Tingkatkan Produktivitas, IPDMIP Dukung Kedaulatan Pangan

0
13

LIPUTAN1.COM//JAKARTA – Upaya pemerintah yang terus menggenjot produktivitas pertanian, didukung penuh program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation Program (IPDMIP). Peningkatan produktivitas dilakukan untuk turut mewujudkan kedaulatan pangan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi, mengatakan Pemerintah Indonesia terus berupaya mendorong terwujudnya Kedaulatan Pangan Nasional.

“Komitmen ini diwujudkan melalui meningkatkan produktivitas padi, merehabilitasi 3 juta hektar jaringan irigasi, mencetak 1 juta hektar sawah beririgasi, menjamin tersedianya air untuk irigasi, serta meningkatkan infrastruktur pertanian. Pengelolaan sumber daya air dan jaringan irigasi memegang peranan yang sangat penting dalam mendorong peningkatan produksi beras nasional. Dan program IPDMIP juga mendukung hal tersebut,” tuturnya, Senin (30/11/2020).

Dedi Nursyamsi menjelaskan, kegiatan IPDMIP dilaksanakan di 74 Kabupaten dalam 16 Provinsi di Indonesia yaitu: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dedi Nursyamsi mengatakan, kehadiran IPDMIP dirasa akan sangat membantu. Khususnya untuk meningkatkan produktivitas di daerah irigasi.

“Berdasarkan pengalaman pembangunan irigasi yang telah dilakukan selama ini, disadari bahwa terdapat faktor-faktor yang menghambat peningkatan produktivitas petani-penggarap di Indonesia. Seperti Lemahnya kelembagaan petani, air dan irigasi, Pemeliharaan prasarana sistem irigasi yang kurang, Lemahnya penyuluhan pertanian, Terbatasnya akses petani penggarap kepada sumber pembiayaan desa,” tuturnya.

Permasalahan lainnya adalah Kepemilikan lahan yang tidak jelas, Kesenjangan teknologi, dan Potensi komoditas bernilai tinggi yang terabaikan.

Sementara Kepala Pusat Penyuluhan (Kapusluh) BPPSDMP Kementan, Leli Nuryati, mengatakan IPDMIP terdiri dari 4 komponen kegiatan.

“Komponen tersebut meliputi Penguatan Sistem dan Kapasitas Kelembagaan lrigasi yang Berkelanjutan, Perbaikan Pengelolaan, Operasional dan Pemeliharaan lrigasi, Peningkatan lnfrastruktur Jaringan lrigasi, serta Peningkatan Pendapatan Pertanian Beririgasi,” jelasnya.

Sementara Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan IPDMIP merupakan program pemerintah di bidang irigasi yang bertujuan untuk mencapai keberlanjutan sistem irigasi, baik sistem irigasi kewenangan pusat, kewenangan provinsi maupun kewenangan kabupaten.

“Upaya ini diharapkan dapat mendukung tercapainya swasembadaberas sesuai program Nawacita Pemerintah Indonesia,” katanya.(EZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here