Manfaat Kartu Tani Disosialisasikan di Sumatera Selatan

0
20

SUMATERA SELATAN – Perubahan pola distribusi pupuk subsidi dari manual ke Kartu Tani terus disosialisasikan di sejumlah daerah, termasuk Sumatera Selatan. Kartu Tani akan membantu petani karena memiliki banyak manfaat.

Menurut Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), Kartu Tani akan membuat distribusi bantuan pemerintah menjadi lebih tepat sasaran.

Termasuk juga dalam distribusi pupuk subsidi. Dengan Kartu Tani, distribusi pupuk subsidi akan lebih aman karena mengacu pada e-RDKK yang dibuat by name by address.

“Dengan pola distribusi baru ini diharapkan agar bantuan diberikan pemerintah lebih efektif, lebih tepat kepada pihak yang memang membutuhkan, termasuk bantuan pupuk subsidi,” kata Mentan Syahrul, Selasa (29/9/2020).

Sementara Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian Sarwo Edhy, mengatakan Kartu Tani mempunyai banyak manfaat buat petani.

“Kartu Tani akan menjadi sarana bagi pemerintah dalam menyalurkan bantuan untuk petani. Bantuan ini bisa berlaku jangka panjang. Sedangkan implementasi terdekat Kartu Tani adalah menyalurkan pupuk subsidi berdasarkan eRDKK Kementerian Pertanian,” tuturnya.

Selain itu, Kartu Tani yang dikeluarkan pihak bank, bisa dimanfaatkan untuk melakukan transaksi di ATM, seperti menarik uang maupun transfer.

Di Sumatera Selatan, manfaat Kartu Tani disosialisasikan Gubernur Sumsel Herman Deru, saat panen padi di Desa Ringin Sari, Kecamatan Belitang III, Kabupaten OKU Timur.

Menurut Herman Deru, petani Sumsel akan banyak diuntungkan dengan adanya Kartu Tani.

“Ini namanya kartu tani yang diterbitkan Kementan RI bekerjasama dengan BNI dan Pemprov. Sumsel. Meski tengah sawah petani tetap bisa transaksi,” tutur Herman Deru.

Menurutnya, Kartu Tani merupakan sarana akses layanan perbankan yang terintegrasi (simpanan, transaksi, penyaluran pinjaman), juga berfungsi sebagai kartu subsidi. Kartu Tani diperlukan petani untuk membantu produksi pertaniannya pada komoditas Padi, Jagung.

Ditambahkannya Kartu Tani juga berfungsi sebagai identitas diri petani, sarana menabung, serta salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat (KUR) guna pembiayaan pertanian.

“Saya minta Kartu Tani yang dibagikan kepada masing masing petani dapat dipastikan kevalidan dan keamanannya,” katanya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here