Dukung Pertanian Sragen, Kementan Beri Bantuan Alsintan

0
30

SRAGEN – Untuk mendukung produktivitas pertanian di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, Kementerian Pertanian menggelontorkan bantuan alat dan mesin pertanian. Bantuan ini diharapkan bisa memaksimalkan hasil pertanian di Sragen.

Total bantuan yang diberikan berjumlah 258 alat mesin pertanian (alsintan) senilai total Rp 15,7 miliar, meliputi traktor roda empat, traktor roda dua, combine harvester, mesin sprayer, pompa air, mesin pipil jagung, cultivator, mesin pengolahan pupuk, dan lainnya.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis di Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan dan KP) Sragen.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan mekanisasi sudah harus diterapkan di sektor pertanian.

“Untuk menuju pertanian yang maju, mandiri, dan modern, mau tidak mau mekanisasi harus diterapkan. Petani harus membiasakan diri memanfaatkan alsintan dalam beraktivitas. Sebab, alsintan bisa mendukung peningkatan produksi,” tutur Mentan SYL, Senin (28/9/2020).

Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy, memperkuat pernyataan tersebut.

“Alsintan itu ramah buat petani, dan bisa membantu petani dalam melakukan proses pertanian dari hulu sampai hilir. Dengan alsintan, proses pertanian akan jauh lebih cepat dan efisien,” tuturnya.

Sarwo Edhy mencotohkan, traktor roda 4 yang diberikan ke poktan bisa membuat proses olah lahan hanya berlangsung beberapa jam saja, dengan satu operator. Biaya produksi pun jauh lebih hemat.

“Tapi dengan cara konvensional, proses olah lahan bisa berlangsung hingga berhari-hari dengan membutuhkan banyak tenaga,” katanya.

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengucapkan syukur Kabupaten yang dipimpinnya mendapatkan alsintan dalam jumlah banyak.

Yuni menegaskan bantuan alat ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Dirinya berkaca dari insiden kasus penyelewengan bantuan alsintan kepada petani yang pernah terjadi di Sragen tidak terulang.

Dia menegaskan seluruh bantuan harus transparan. Yuni meminta kepada masyarakat agar tidak memberi uang dengan dalih apapun yang ditawarkan oleh oknum.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here