Berang-Berang Mengibarkan Bendera di Jakarta Aquarium dan 8 Hal 17-an Lain Yang Unik dan Beda!

0
34

JAKARTA- Tahun 2020 ini Indonesia merayakan ulang tahun ke-75 di masa pandemi Covid-19. Bingung bagaimana merayakannya sementara perlombaan-perlombaan di sekitar tempat tinggal tidak membuat lomba-lomba 17-an seperti biasanya?

Berikut ada 8 hal yang bisa Anda nikmati di Jakarta Aquarium, Agustus 2020 ini yang aman, nyaman, unik, dan seru, serta tidak ditemukan di tempat lain.

1. Berang-Berang Mengibarkan Bendera Merah Putih. Ya, Jakarta Aquarium juga memiliki koleksi satwa non-aquatik. Contohnya, berang-berang atau Otters yang merupakan satwa khas Indonesia. Berang-berang merupakan anggota dari bangsa Carnivora dan suku Mustelidae yang tergabung ke dalam anaksuku Lutrinae. Satwa ini menempati berbagai habitat lahan basah seperti sungai, danau, rawa, sawah, pesisir serta laut lepas. Indonesia memiliki empat jenis berang-berang yaitu Lutrogale perspicillata, Lutra lutra, Lutra sumatrana, dan Aonyx cinereus. Dari dua jenis, L. lutra dan L. sumatrana termasuk ke dalam satwa yang dilindungi oleh Peraturan Pemerintah no 7 tahun 1999. Berang-berang merupakan satwa komunal seperti masyarakat Indonesia, di mana jiwa gotong-royong adalah bagian dari kehidupan sehari-hari. Berang-berang juga satwa yang selain rajin bekerja, juga pintar. Di Jakarta Aquarium, berang-berang mendapat perhatian pengunjung karena mereka bisa dilatih membuang sampah pada tempatnya. Kini, Jakarta Aquarium dengan bangga akan membuat berang-berang berpartisipasi dalam perayaan kemerdekaan RI yang-75 dengan mengibarkan bendera merah putih.

2. Pengibaran Bendera Raksasa diikuti dengan Mermaid Show. Apa yang membedakan pengibaran bendera underwater (bawah air) Jakarta Aquarium beda dengan yang lain? Selain bendera raksasa yang akan dikibarkan di akuarium terbesar indoor di Indonesia, juga pengibaran ini akan dimeriahkan oleh para puteri duyung Jakarta Aquarium. Jangan ke mana-mana, lanjutkan dengan menonton ‘mermaid show’.

Gerak lemah gemulai yang indah di dalam air dengan ‘alat buntut ala puteri duyung’ membuat Peter Wilson, pembentuk pertunjukkan Pearl of the South Sea (Mutiara dari Pantai Selatan) di Jakarta Aquarium memutuskan bahwa tim renang sinkronisasi diubah menjadi tim puteri duyung di awal pembentukannya 2016. Hebatnya, seluruh puteri duyung yang terpilih ikut pertunjukkan ini semua asli orang Indonesia dan mengalahkan kandidat dari luar negeri.

Peter yang dikenal sebagai Director of the Olympic Games in Sydney, Australia, the ASIAN Games di Doha, serta the Bali games and the Bali Agung shows di Bali Safari Park, juga menjadi sutradara dari pertunjukkan mermaid bertajuk Pearl of the South Sea.

“Tidak ada pertunjukkan mana pun sejauh ini yang mengkombinasikan dunia air dengan ‘puteri duyung’ dan panggung pertunjukkan normal,” ujar Peter. “Saya sangat terinspirasi dengan kisah-kisah legenda Indonesia dan mematangkannya berbulan-bulan untuk menjadi kisah yang original dan menjadi sebuah produksi pertunjukkan.

Tantangan pertama tentunya mencari seorang penyelam tanpa alat apapun, alias freediver yang setidaknya bisa tahan berenang di dalam air setidaknya selama tiga menit. Sebagai gambaran, orang biasa umumnya hanya bisa menahan napas di air selama 15 detik saja. Namun para puteri duyung di Jakarta Aquarium memenuhi kriteria ini, bahkan mereka bisa menahan napas hingga 5 menit di dalam air!

Mermaid Nikita bergantian dengan Mermaid Pia menjadi pemeran utama sebagai puteri raja yang menjadi puteri duyung di pertunjukkan yang bisa dinikmati rutin di Jakarta Aquarium. Gara-gara jatuh cinta dengan aksi mereka sebagai puteri duyung, keduanya mengambil instruktur freediving juga. Keahlian ini yang membuat mereka unggul sebagai perenang profesional.

Nikita menjadi perempuan pertama yang menjadi instruktur freediving di Indonesia dan mendirikan Freediving School di Jakarta. Ia juga sembilan kali pemegang National Record Holder Freediving. Bersama-sama Mermaid Pia, ia bahkan mendirikan Mermaid School pertama di Indonesia.

Tanggal 17 Agustus 2020 ini, Mermaid Nikita dan Pia akan menari di dalam akuarium besar setelah pengibaran bendera merah putih raksasa.

3. Selalu Seru, kali ini dengan #IndonesiaRayaJakartaAquarium dan Lomba. Mengapa kita biasanya hanya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di upacara atau acara tertentu saja? Jakarta Aquarium mengajak para selebriti, influncer, dan pengunjung untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya dengan hati senang dan suka cita, namun tetap khidmat dan sopan. Asty Ananta dan Dikta (penyanyi Yovie and Nuno) berpartisipasi menyanyikan Indonesia Raya diikuti para pengunjung lainnya. Bagi pengunjung yang paling seru mendapatkan hadiah tiket masuk Jakarta Aquarium dan makan di resto Pingoo sekeluarga. Di Hari H, tanggal 17 Agustus, Asty Ananta akan menyanyi lagu Indonesia Raya bersama pengunjung.

Selain itu Jakarta Aquarium juga menggelar lomba 17-an dengan prosedur new normal. Misalnya, lomba makan kerupuk dengan memastikan peserta telah diperiksa suhu tubuh, mengenakan masker, tangan sudah dicuci, berjarak satu sama lain, peserta dibatasi jumlah, dan kerupuk dipastikan diambil dengan sarung tangan plastik dan semua higienis.

4. Aman dan Nyaman, Bebas Covid-19. Jakarta Aquarium merupakan destinasi rekreasi aman untuk semua umur; Anda bersama teman-teman dan keluarga. Jakarta Aquarium menyiasati perayaan kemerdekaan RI dengan sesuatu yang ‘tidak biasa’ tanpa melupakan prosedur new normal.

“Jakarta Aquarium memastikan keamanan dan kenyamanan pengunjung. Seluruh karyawan telah mengikuti rapid test dan hasilnya non-reaktif/negatif. Kami juga menyediakan tempat mencuci tangan dan hand sanitizer di beberapa titik. Bagi pengunjung, kami akan memeriksa temperatur tubuh sebelum masuk, memastikan setiap orang selalu memakai masker, dan menjaga jarak sesuai marka di lantai,” kata Fira Basuki, Head of Social, Branding, and Communication Jakarta Aquarium.

5. Interaksi dengan Satwa Secara Langsung. Jakarta Aquarium percaya bahwa Anda adalah pencinta satwa. Karena itu kami menyelenggarakan feeding show atau acara pemberian makan yang interaktif. Pengunjung bisa melihat berang-berang, binturong, piranha, hingga pinguin secara dekat dan bahkan bisa memberi makan langsung. Tentunya ini semua aman karena didampingi oleh para keeper atau penjaga si satwa. Termasuk bercengkrama dan memberi makan meerkat, inspirasi banyak film animasi, termasuk tokoh Timon (teman Pumba dan Simba) di film Disney, The Lion King.

Jangan lewatkan melihat langsung uniknya satwa khas Indonesia, Binturong, yang baru melahirkan bayi ‘bule’, yaitu berbulu terang kekuningan karena kelainan yang disebut leukistik (kehilangan sebagian dari pigmen mirip albino tetapi matanya normal). Wallaby, hewan sejenis kangguru dari Papua pun baru saja melahirkan dan bayi lucunya bisa Anda lihat berada di dalam kantung si induk.

Selain itu terdapat touch pool, tempat di mana pengunjung bisa memegang langsung satwa unik seperti bintang laut dan hiu bambu. Tentunya dipastikan tangan pengunjung bersih sebelum dan sesudah interaksi ini dengan kewajiban cuci tangan dan penggunaan hand sanitizer.

6. Segala Ada untuk Semua Umur. Tidak ada batasan umur untuk bersenang-senang di Jakarta Aquarium. Anak-anak hingga dewasa bisa menikmati semua fasilitas, termasuk petualangan seru seperti 5D, di mana sensasi seakan berada di dalam kapal selam dan berpetualang di dalam lautan. Terdapat pula ARV (Augmented Reality Virtual) yang membuat pengunjung berimajinasi memegang dan bersenda gurau dengan para satwa secara virtual yang terlihat nyata.

“Siapa bilang bersenang-senang dengan satwa dan berimajinasi hanya milik anak kecil? Semua umur berhak mendapatkan rekreasi yang aman, nyaman, seru, dan penuh imajinasi. Simply magical!” ujar Fira.

7. Aqua Trekking Tak Terlupakan. Ingin merasakan sensasi berada dekat dengan satwa aquatic? Tiada yang bisa mengalahkan aqua trekking, berjalan-jalan di dalam aquarium dengan alat selam yang aman dan nyaman. Pastinya ini akan menjadi ajang selfie atau swafoto paling hits dan viral yang bisa dilakukan.

8. Makanan Khas Indonesia sambil Memberi Makan Pinguin. Cuma di Jakarta Aquarium, melepas lelah menikmati makanan rasa Indonesia kreasi Chef Jakarta Aquarium, seperti Ayam Kecombrang, Salmon Capgomeh, dan Prawn Sambal Matah. Penat seketika hilang melihat tingkah polah para pinguin. Bahkan Anda bisa memberi makan pinguin secara langsung, lho! Oya, khusus Agustusan ini, lihat sendiri kue berukuran raksasa dengan desain pinguin. Datang segera dan dapatkan voucher yang bisa ditukarkan dengan kue. Di mana lagi, bukan?

Khusus Agustus ini, Anda bisa membeli 3 tiket premium dan mendapat 1 tiket premium gratis (buy 3 get 4) dengan menggunakan kartu BCA debit dan kredit dari 17 Agustus hingga 23 Agustus 2020 ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here