Gerakan BISA Kemenparekraf Sambangi Pantai Muara Bungin

0
33

BEKASI – Gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) yang diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) hadir di Pantai Muara Bungin, tepamya di Desa Pantai Bakti Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi, 28-29 Juli 2020

Kegiatan yang merupakan kolaborasi bersama mitra kerja Komisi X DPR RI ini sebelumnya telah digelar di empat lokasi yang berbeda di Jawa Barat. Keempat lokasi tersebut adalah Wisata Religi Syekh Quro Karawang, Tugu Proklamasi di Rengasdengklok, Wisata Ziarah Syekh Baing Yusuf Purwakarta dan Gunung Parang Purwakarta.

Direktur Kelembagaan Kemenparekraf, Reza Fahlevi, mengatakan Gerakan BISA bertujuan untuk mengajak para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat yang terdampak untuk ikut berkontribusi dalam mewujudkan nilai-nilai Sapta Pesona yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah, dan kenangan di destinasi untuk memasuki masa adaptasi kebiasaan baru

“Gerakan BISA ini sangat penting untuk mendorong perbaikan indikator Health and Hygiene dan Safety and Security di lingkungan destinasi pariwisata, serta dapat meningkatkan peringkat Indeks Daya Saing Pariwisata Indonesia di Travel and Tourism Competitiveness Index,” ujar Reza Fahlevi.

Ditegaskannya. Gerakan BISA diharapkan para pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dapat cepat berdaptasi dengan tatanan atau kebiasaan baru sesuai dengan prinsip higiene dan sanitasi yang baik.

“Seperti menjaga destinasi pariwisata dengan menjaga kebersihan, keindahan, kesehatan, dan keamanan. Kalau destinasi wisata kita tak bersih, indah, sehat, aman, jangan harap wisatawan mau kesini,” tegasnya.

Kasubdit Kelembagaan Regional II Kemenparekraf, Hendry Noviardi, menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan program dari Presiden yang diturunkan kepada Kemenparekraf. Di masa new normal beradaptasi kebiasaan baru diterjemahkan dalam bentuk program besar, ada kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan yang diterapkan dalam Gerakan BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman).

“Gerakan ini untuk memberikan semangat kepada kita dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru, Kita harus menyiapkan destinasi BISA (Bersih, Indah, Sehat, Aman) untuk wisatawan sehingga mereka merasa nyaman dan aman datang ke objek wisata,” katanya.

Sementara itu. Ketua Komisi X DRP RI, Syaiful Huda, mengajak seluruh pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif optimis agar dapat segera bangkit dari tekanan pandemi Covid-19.

“Dengan menjalankan Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/382/2020 tentang Protokol Kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum yang operasionalisasinya di terapkan di sektor industri pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya

Dalam kegiatan ini masyarakat bergotong royong untuk membersihkan di lokasi objek wisata.

Pantai wisata Pantai Muara Bungin merupakan sebuah kawasan wisata di Bekasi Jawa Barat yang menarik untuk dikunjungi, terutama saat akhir pekan untuk menikmati suasana santai sebelum berkegiatan kembali di hari Senin. Pantai ini memiliki keindahan alam yang menarik dan juga cocok untuk wisatawan yang sangat suka akan suasana pesisir di dekat Jakarta.

Selain itu bisa juga menikmati keindahan hutan mangrove yang masih asri. Di dalamnya juga ada berbagai macam satwa lokal yang menemani wisatawan, seperti lutung hitam dan beberapa jenis burung lokal. Masyarakat di sekitar pantai juga banyak yang memiliki usaha budidaya udang, ikan, dan juga rumput laut. Sehingga wisatawan bisa mencari tahu mengenai hal tersebut di kawasan wisata yang luasnya mencapai 70 hektar ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here