Protokol Kesehatan Diterapkan Mutiara Carita Cottage Saat New Normal

0
183

JAKARTA – Dentuman musik mengalun lembut. Lagu-lagu era kekinian ditembangkan menemani tamu yang tengah menyantap makan malam. Deburan ombak menghantam karang di bibir pantai menambah suasana syahdu malam itu. Ya, begitulah gambaran situasi new normal di Mutiara Carita Cottages yang terletak di bilangan Jalan Raya Carita Labuan Km 7, Pandeglang, Provinsi Banten.

Sejak beberapa minggu belakangan, kendaraan pribadi mulai berseliweran. Rata-rata berpelat luar daerah seperti Jakarta, Bogor, Bandung dan kota-kota besar lainnya. Mereka hendak berlibur di pantai yang berdekatan dengan Pantai Anyer itu.

Gairah ekonomi warga dan pariwisata di Kabupaten Pandeglang hidup kembali. Maklum saja, kabupaten yang berbatasan dengan Kota Cilegon sudah dikategorikan zona hijau Covid-19. Sekolah-sekolah sudah diperkenankan belajar mengajar tatap muka. Begitu pula dengan aktivitas ekonomi dan industri pariwisata yang sudah diperkenankan lagi. Kendati begitu harus tetap memperhatikan protokol kesehatan sebagaimana ditetapkan pemerintah.

Hal itu pula yang dijadikan pedoman bagi Mutiara Carita Cottages dalam menjalankan bisnisnya. Komisaris PT Mutiara Hitam Pertiwi (MHP) selaku pengelola Mutiara Carita Cottages, Bambang Irianto menjelaskan, selama masa pandemi Virus Corona atau Covid-19, pembenahan fasilitas pun ikut dilakukan, utamanya yang berkaitan dengan kesehatan.

“Kami tetap menerapkan protokol kesehatan seperti pengecekan suhu tubuh tamu, imbauan menjaga jarak fisik. Kami juga menyiapkan masker yang dibagikan gratis kepada pengunjung ketika mereka check-in,” kata Bambang saat ditemui di lokasi, Sabtu (18/7/2020).

Mengenai jaga jarak fisik, Bambang melanjutkan, ditandai dengan memberikan batas antre kepada wisatawan di beberapa titik seperti front office, restoran dan area publik lainnya. Dipaparkannya, proses strerilisasi terhadap cottages yang dikelolanya sebelum dan sesudah digunakan rutin dilakukan. Pun halnya dengan para pegawai yang telah melalui screening ketat Covid-19 seperti pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker dan face shield serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan standar sesuai protokol kesehatan.

“Kami juga bekerja sama dengan puskesmas terdekat sebagai bentuk kewaspadaan kami di tengah pandemi Covid-19 meski kawasan kami sudah masuk zona hijau. Jadi, apabila butuh fasilitas kesehatan, kami sediakan,” tambah General Manager Mutiara Carita Cottages, Alfanshah Abdullah di tempat yang sama.

Alfan, sapaan karib Alfanshah Abdullah melanjutkan, selama masa pandemi, praktis tak ada tamu yang menginap selama dua bulan. Baru pada bulan Juni sudah mulai ada tamu begitu Pandeglang ditetapkan sebagai zona hijau,” paparnya.

Kini, wisatawan dari berbagai daerah mulai kembali berlibur. Meski belum sepenuhnya pulih, namun tingkat okupansi cottages yang dikelolanya sudah membaik. Dari 100 kamar yang ada di cottages dan kamar hotel “Month to date okupansinya 20 persen. Namun saat week end seperti malam minggu ini tingkat hunian lebih dari 90 persen dipenuhi oleh pengunjung yang berasal dari berbagai kota sekitar Jabodetabek dan Banten. Dunia pariwisata khususnya di Carita sudah mulai bergeliat meski belum pulih sepenuhnya,” papar Alfan didampingi Sales Manager Mutiara Carita Cottages, Yani Heryani.

Di Mutiara Carita Cottages Anda dapat menikmati sensasi liburan tepat di bibir Pantai Carita. Berbagai fasilitas pendukung seperti water sport, taman laut, flying fox, Dermaga untuk menikmati alam terbuka, aneka permainan untuk anak anak, coral cafe, area outbound seluas 1 hektar, ruang meeting dan berberbagai fasilitas lainnya bisa dinikmati di sini. Anda juga bisa menikmati sensasi memberi makan berbagai macam jenis ikan hias laut dan memberi makan rusa yg khusus didatangkan dari Istana Bogor jika menginap cottages yang diresmikan mantan Menteri Pariwisata Jopp Ave pada tahun 1991 ini.

Mutiara Carita Cottages ini merupakan green cottages yang mengedepankan keseimbangan lingkungan. Jarak antar cottages cukup jauh dan penuh dengan pohon pohon yang rindang disamping itu dekat dengan gunung Seseupan yg memberi pengaruh efek kesejukan sehingga kawasannya nyaman tidak terasa panas seperti kawasan pantai pada umumnya. Anda juga bisa menikmati Sunrise dan sunset sekaligus dari dermaga yang dimiliki cottages ini.

Ada pula rumah akar dan pembuatan emping, di mana pengunjung dapat ikut terlibat dalam proses pembuatannya. Cottages seluas 20 hektar itu juga memiliki fasilitas bawah laut yang memang dirawat dengan baik dan telah ditetapkan sebagai wilayah konservasi terumbu karang. Belum lagi ditambah dengan fasilitas kolam renang, penangkaran rusa dan fasilitas penunjang lainnya. Jadi tunggu apalagi, ayo nikmati sensasi menginap di Mutiara Carita Cottages dengan rerimbunan pohon dan standar protokol kesehatan yang sangat baik.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here