Konsultan On Granting Mulai Gabung Proyek IPDMIP

0
31
Foto : Istimewa
Foto : Istimewa

LIPUTAN1.COM//JAKARTA – Mulai Rabu (01/072020) para Konsultan Regional maupun Konsultan On Granting telah bergabung menjadi keluarga besar Integrated Partisipatory Development and Management of Irrigation Project (IPDMIP). Untuk itu, para konsultan diminta segera melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya di wilayah masing-masing.

Hal tersebut menjadi salah satu pembahasan dalam Pembekalan Umum bagi Konsultan Regional dan Konsultan On Granting melalui Virtual Conference (Vicon) National Project Implementation Unit (NPIU) BPPSDMP/Kementan, 30 Juni 2020. menyelenggarakan Sesuai Undangan Manager Project IPDMIP Nomor : B-7035/TU.020/I.2/06/2020.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi, IPDMIP mempunyai tujuan untuk meningkatkan nilai pertanian beririgasi secara berkelanjutan.

“Salah satu aspek terpenting dalam pertanian adalah ketersediaan air. Lewat IPDMIP, produktivitas dan nilai pertanian akan ditingkatkan dengan cara irigasi berkelanjutan. Agar tidak ada kendala teknis di lapangan, kita berharap Konsultan On Granting bisa segera ke lapangan,” katanya.

Untuk itu, Dedi meminta para konsultan untuk segera melengkapi syarat administratif seperti penanda tangan kontrak dan Surat Perintah Melaksanakan Tugas yang akan dikirim kepada para konsultan. Surat tersebut harus segera dikirim kembali ke NPIU baik secara elektronik maupun fisiknya.

“Diharapkan dengan adanya Pembekalan, support dari para konsultan on Granting dapat mensukseskan proyek IPDMIP dan kegiatannya berjalan lancar, tertib administrasi dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan schedule dan mengacu pada Petunjuk Pelaksanaan serta Dokumen-Dokumen Keuangan yang berlaku,” katanya.

Virtual Conference Pembekalan Umum bagi Konsultan Regional dan Konsultan On Granting diikuti 66 partisipan. Terdiri dari Tim Pengelola Pusat, Provinsi dan Kabupaten; Narasumber dan para Konsultan Regional maupun On Granting.

Kegiatan ini dibuka Manajer Project IPDMIP, Welli Nugraha, mewakili Kepala Pusat Penyuluhan BPPSDMP Leli Nuryanti. Dalam pengarahannya disampaikan bahwa kehadiran para Konsultan sebagai keluarga besar Project IPDMIP diharapkan akan memperkuat dan dapat mensukseskan Project IPDMIP.

Materi Pembekalan meliputi Seputar Project IPDMIP; Pengelolaan IPDMIP (Pusat dan Daerah) dan Teknis Pelaksanaan Kerja Konsultan on Granting; Mekanisme on granting mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 224/PMK.07/2017; Sistem Administrasi Keuangan Konsultan on granting pada IPDMIP; dan Sistem Monitoring dan Evaluasi Konsultan on granting dan peran PPIU/DPIU Home Base Konsultan on Granting.

Narasumber yang menyampaikan materi pembekalan berasal dari Tim Teknis NPIU; Konsultan Keuangan IPDMIP; Kepala Bagian Keuangan dan Perlengkapan Sekretariat BPPSDMP dan Ketua Tim Evaluasi Konsultan.

Sementara Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, mengajak seluruh insan pertanian untuk bergerak bersama-sama demi mendukung terciptanya pangan yang mandiri.

“Kita harus memaksimalkan semua potensi yang kita miliki untuk mendukung pertanian. Kita harus bisa mandiri pangan. Karena dalam kondisi seperti ini, impor pangan tidak dimungkinkan. Satu-satunya cara kita harus hidup dengan hasil pertanian kita sendiri, dengan hasil para petani kita sendiri,” katanya.(SN/EZ)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here