Punya Beragam Event, Festival Pesona Danau Limboto Siap Digelar

0
96

GORONTALO – Festival Pesona Danau Limboto bakal digelar lagi. Tahun ini, festival dilangsungkan 21-25 September. Event yang akan digelar beragam. Ada seminar pariwisata, air soft gun competition, karnaval, dan masih banyak lagi.

Menurut Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenpar, Esthy Reko Astuty, tahun ini pelaksanaan Festival Pesona Danau Limboto lebih beragam.

“Buat memanjakan pengunjung dan wisatawan, festival ini menghadirkan banyak konten. Tapi dijamin tidak monoton. Karena, event yang dihadirkan sangat banyak. Dan sangat beragam. Jadi sayang sekali jika dilewatkan,” paparnya, Jumat (20/9).

Dijelaskan Esthy, Festival Pesona Danau Limboto 2019 adalah tahun keempat event. Sejak tahun lalu, festival ini masuk dalam 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata.

“Festival Pesona Danau Limboto sudah memasuki tahun pelaksanaan yang keempat kalinya. Serta sudah dua tahun berturut-turut masuk dalam 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata. Artinya ada konsistensi. Dan event ini juga dievaluasi dengan baik. Karena untuk masuk dalam Calendar of Event Kemenpar sebuah event harus melewati kurasi terlebih dahulu,” terangnya.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani menambahkan, Festival Pesona Danau Limboto 2019 dilaksanakan untuk mempromosikan keindahan alam dan budaya di Provinsi Gorontalo. Khususnya, Kabupaten Gorontalo.

“Sehingga diharapkan event ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan. Dan juga demi kemajuan serta keberhasilan sektor pariwisata Gorontalo,” papar Rizki, diamini Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh Ricky Fauziyani.

Danau Limboto sendiri merupakan sebuah danau yang terletak di Kecamatan Limboto, Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Danau ini memiliki kedalaman antara 5 hingga 8 meter ini, para pengujung atau wisatawan dapat menikmati berbagai kegiatan, antara lain, memancing, lomba berperahu, atau berenang.

Menteri Pariwisata Arief Yahya tidak ragu mengajak wisatawan untuk hadir di Gorontalo dan menyaksikan langsung event serta keindahan alam Gorontalo.

“Gorontalo menyimpan potensi pariwisata yang sangat luar biasa. Dan keindahan itu dilengkapi dengan Festival Pesona Danau Limboto sebagai salah satu atraksi terbaik yang dimiliki Gorontalo.event ini sudah dua tahun berturut-turut masuk dalam Calendar of Event. Artinya sudah melewati tahap kurasi. Jadi tidak perlu diragukan lagi kualitasnya,” tutur menteri asal Banyuwangi itu.

Menurutnya, bukan hal mudah bagi sebuah event bisa masuk dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata. Karena, ada ribuan kegiatan di Indonesia yang memiliki karakter berbeda-beda. Dan dengan ciri khas masing-masing.

“Banyak yang bertanya bagaimana sebuah event bisa ditetapkan dalam Calendar of Event Kementerian Pariwisata? Ada tahapan kurasi yang dilakukan dengan kurator-kurator kompeten. Tapi saya kasih bocoran. Ada standar minimal yang harus dimiliki,” tuturnya.

Pertama commercial value. Event itu harus memiliki nilai komersial. Bisa dijual dan dipromosikan. Kemudian creative value. Atau harus kreatif. Tidak boleh sama dengan yang lain. Harus ada pembeda. Dan yang terakhir adalah economic value. Atau memiliki nilai ekonomi yang berdampak buat masyarakat.

“Jika standar minimal ini sudah dipenuhi, maka tinggal selangkah lagi event itu bisa masuk dalam CoE Kemenpar,” jelasnya.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here