Resmikan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Pemko Batam Undang 2.000 Jemaah Negara Tetangga

0
28

Batam – Pemerintah Kota Batam mengundang sekitar 2.000 jemaah dari negara tetangga, untuk hadir dalam peresmian penggunaan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, Jumat (20/9). Yaitu dari Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Boeralimar mengatakan, acara akan dikemas dalam kegiatan Tabligh Akbar Kemilau Muharam 1441 hijriyah. Selain mengundang jemaah luar negeri, panitia juga bakal menghadirkan dua penceramah kondang. Yakni Ustadz Abdul Somad dan Ustadz Mohammad Kazim bin Elias dari Malaysia.

“Kedua ustadz tersebut akan menjadi daya tarik tersendiri, karena keduanya cukup populer dan memilik banyak sekali jemaah. Mudah-mudahan acara berjalan lancar dan tidak ada kendala apapun,” ujarnya, diamini Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Ardiwinata,
Senin (15/9).

Sebagai salah satu persiapan, hari ini ribuan pegawai Pemko Batam menggelar gotong royong membersihkan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Masyarakat setempat biasa juga menyebutnya sebagai Masjid Agung II Kota Batam. Pembersihan dilakukan di seluruh bagian masjid, mulai dari ruang utama hingga pelataran.

Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah berada di Jl. Brigjen Katamso, Kelurahan Tanjung Uncang, Kecamatan Batu Aji, Kota Batam. Masjid ini digadang-gadang menjadi masjid terbesar di Sumatera, yang bisa menampung ribuan umat muslim untuk beribadah.

Mengadopsi arsitektur dari Masjid Nabawi Madinah, masjid ini didesain dengan konsep perpaduan Arab dan Melayu. Berdiri di atas lahan seluas 4,2 hektare, tempat ibadah ini diperkirakan mampu mendatangkan jutaan wisawatan. Kemegahan dan keunikan masjid ini bisa dinikmati lewat ornamen-ornamen yang ditempel pada dinding bercorak Melayu.

Kemegahan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah sempat memukau Yang Dipertua Dewan Undangan Negeri Pahang Malaysia, YB Dato Sri Haji Ishak bin Haji Muhammad. Ia menjadi wisatawan mancanegara pertama yang mengunjungi. Ia mengaku kagum dengan perkembangan Batam, termasuk keberadaan masjid terbesar di Kepulauan Riau ini.

“Alhamdulillah, kami berkesempatan meninjau dan melawat Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang terbesar di Batam. Kami bersyukur karena dapat melihat dengan mata kami sendiri, betapa cantik dan indahnya masjid ini. Kami yakin masjid ini akan dapat menarik pelancong seluas-luasnya. Di samping meningkatkan lagi image Islam di Indonesia,” ucapnya.

Rombongan Dato Sri Haji Ishak berjumlah sekitar 30 orang. Di antaranya adalah Perkumpulan Kebajikan Anak Yatim (Pekaya) Pahang. Kedatangan mereka ke Batam dalam rangka berlibur sekaligus mengunjungi beberapa lokasi panti asuhan. Meski belum diresmikan, rombongan diberi kesempatan untuk berkeliling bangunan masjid dan melaksanakan shalat zuhur berjemaah di ruang VIP lantai 1.

Kekaguman serupa juga ditunjukkan dua artis ibukota, Raffi Ahmad dan Billy Saputra. Keduanya juga berkesempatan berkeliling bangunan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah, meski belum diresmikan. Bahkan, suami Nagita Slavina dan adik almarhum Olga Syahputra ini sempat naik ke menara 99.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani menyatakan, peresmian Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah akan dilakukan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ini akan menjadi moment besar dan pasti meriah.

“Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah akan menjadi salah satu ikon Kota Batam. Keberadaan masjid ini bisa menjadi daya tarik bagi wisman, khususnya untuk wisata religi,” jelasnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menuturkan, hadirnya Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah akan menambahk atraksi wisata di Kota Batam. Dengan kata lain, destinasi wisata di Batam semakin beragam dan komplit.

“Pergerakan muslim traveler di dunia semakin luar biasa. Tak heran jika Indonesia juga punya komitmen tinggi untuk mengembangkan wisata religi. Tentu saja, ini merupakan semangat dan ide brilian karena Indonesia dikenal sebagai negara dengan penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia,” tandasnya.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here