Mahasiswa STP Bali Terima Beasiswa Bali Hotel Association

0
17

BALI – Bali Hotel Association (BHA) bersama dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali, telah memilih kandidat yang akan menerima Beasiswa dari BHA untuk 2019. Salah satunya yang menerima beasiswa adalah Ni Putu Noviartini.

Program ini telah berjalan cukup sukses selama bertahun-tahun. Beasiswa tahun ini dinominasikan dari staf dan saudara kandung hotel anggota BHA. Biasanya mahasiswa tersebut tergolong mahasiswa tidak mampu dalam bidang Ekonomi.

Beasiswa Ni Putu Noviartini diserahkan oleh Wayan Merta selaku Director of Finance BHA dan Amarita Pradnyaswari selaku HR Development Bali. Dalam penyerahan, Ni Putu Noviartini didampingi Ketua Bidang Akademik STP Bali I Wayan Muliana dan Ketua Sub Bagian Pendidikan dan Kerjasama STP Bali I Putu Tonsen.

I Putu Tonsen menjelaskan, pada seleksi ini ada empat tahap dalam proses seleksi. Melibatkan banyak wawancara dan tes. Wawancara terakhir adalah dengan panel yang terdiri dari Manajer Umum BHA dan Manajer Sumber Daya Manusia BHA.

“Kandidat final dipilih untuk beasiswa untuk program studi pilihan mereka di STP Bali,” kata I Putu Tonsen.

Ni Putu Noviartini atau yang kerap di sapa Novi adalah salah satu mahasiswai STP Bali dari keenam mahasiswa STP Bali yang memperoleh beasiswa ini. Novi mampu menunjukkan karakteristik kuat yang membuktikan hasrat mereka untuk berkarir di industri pariwisata.

“Tidak ada keraguan bahwa suatu hari dia akan dapat memainkan peran penting dalam pariwisata Bali,” tambah I Putu Tonsen.

Nantinya, Novi akan ditugaskan sebagai General Manager hotel sebagai mentor untuk membantu selama bertahun-tahun di perguruan tinggi. Setelah setiap tahun, dia akan dinilai kembali mengikuti proses penilaian standar STP.

“Dan jika mereka berhasil mereka akan secara otomatis diberikan beasiswa lain untuk setiap tahun berturut-turut sampai mereka selesai kuliah,” kata I Putu Tonsen.

Ketua Bidang Akademik STP Bali I Wayan Muliana selaku mengaku bangga atas raihan Novi. Dia berharap hal ini bisa memotivasi mahasiswa-mahasiswa STP lainnya.

“Selamat kepada Novi yang telah berhasil mengalahkan banyak pesaing untuk mendapatkan Beasiswa dari Bali Hotels Association (BHA). Untuk para mahasiswa/i STP Bali terus melangkah dan berusahalah raih prestasimu di bidang apa saja serta kejar dan dapatkanlah beasiswa dari manapun itu,” ujar I Wayan Muliana.

Tak lupa Novi mengungkapkan rasa terima kasihnya. Dengan beasiswa, tidak hanya terbantu dari pembiayaan saja, namun juga dipersiapkan dari sikap, mental, dan tentunya dapat berkenalan dengan para tokoh yang sudah sukses di bidangnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada STP Bali, teman-teman dan keluarga saya yang telah terus membantu dan memberikan saya dukungan tanpa henti-hentinya. Saya juga berharap kedepannya teman-teman di STP Bali lebih banyak ikut berpartisipasi dalam pencarian beasiswa,” ungkap Ni Putu Noviartini.

Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementerian Pariwisata, Ni Wayan Giri Adnyani optimistis semua lulusan STP Nusa Dua Bali akan terserap dunia kerja. Ia mendorong seluruh mahasiswa STP Bali lebih berani, kreatif, dan inovatif.

“Silakan cari beasiswa dari mana saja. Karena saya meyakini mahasiswa STP Bali akan mampu bersaing,” kata Giri.

Menteri Pariwisata Arief Yahya pun menekankan pentingnya kualitas SDM dalam kemajuan pariwisata suatu negara. Untuk itu, peningkatan kualitas pelatihan dan sertifikasi harus terus dilakukan.

“People are the real differentiator, yang membedakan antara satu bangsa dengan bangsa lainnya adalah manusianya. Kompetensi yang sudah ada dapat terus dipelihara dan ditingkatkan baik formal, nonformal, pelatihan kerja, atau pun pengalaman kerja. Karena dalam dunia kerja, kompetensi harus dipelihara secara berkesinambungan,” ujar Menpar Arief Yahya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here