Tampung Potensi Terbaik, La Nyalla Tolak Calon Tungal Ketum KONI Pusat

0
25

JAKARTA – Wakil Ketua Umum KONI Jawa Timur, H. La Nyalla Mahmud Mattalitti mengatakan ajang pemilihan Ketua KONI Pusat periode 2019-2023, hendaknya terbuka kepada siapa pun bagi Calon Ketua Umum (Caketum) yang akan ikut pencalonan nantinya.

Hal ini sangat penting, karena sebagian besar anggota KONI Pusat, menginginkan adanya persaingan yang sehat dan sportif, dalam menentukan orang nomor satu yang ditubuh induk organisasi tertinggi olahraga di tanah air tersebut.

Demikian ditegaskan La Nyalla, menyikapi semakin dekatnya pelaksanaan Musyawarah Olahraga Nasional Luar Biasa (Musornaslub) KONI Pusat, yang agenda utamanya pemilihan Ketua Umum KONI Pusat.

Menurut La Nyalla Tim Penjaringan dan Penyaringan harus mendengarkan aspirasi para anggotanya. Karenanya, jangan membelenggu pencalonan dengan persyaratan yang memberatkan Caketum.

“Jangan jadi belenggu dengan menerapkan syarat-syarat yang memberatkan para Caketum yang akan mencalonkan diri. Jika ada lebih dari satu calon biarkan bertanding dengan sportif. Jangan ada upaya pengondisian hanya satu calon. Degarkan aspirasi para anggotanya,” kata La Nyalla Mattalitti ketika dihubungi melalui telepon, Rabu (28/6/2019).

La Nyalla menambahkan, semakin banyak Caketum yang maju semakin banyak pilihan alternatif bagi para voters atau anggota KONI Pusat demi kemajuan KONI Pusat ke depan.

“Kalau perlu Caketum boleh lebih dari 3 orang. Tinggal siapa yang mengemban visi dan misi yang bagus itu yang akan terpilih,” katanya.

Dikatakan, jika nantinya Musornalub hanya diikuti oleh satu calon, maka dikhawatirkan muncul sikap otoriter bagi calon yang terpilih secara aklamasi.

“Maka dari itu fungsi dari Tim Penjaringan dan Penyaringan juga harus bersikap lebih fair. Mereka tugasnya bukan menyeleksi calon tapi hanya merekomendasikan calon untuk kemudian diserahkan kepada Pleno dalam Munas nanti. Jadi yang memutuskan calon itu berhak atau tidak untuk maju adalah melalui Pleno bukan oleh Tim Penjaringan dan Penyaringan yang dibentuk KONI Pusat,” tandas La Nyalla.

Sebagaimana diketahui hingga kini ada dua Caketum KONI Pusat, yaitu Letjen (Purn) Marciano Norman dan Muddai Madang, yang bakal maju dalam pemilihan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here