Candi Prambanan Hadirkan The Legend of Roro Jonggrang Spesial Lebaran

0
83

PRAMBANAN – #PesonaMudik2019 di Candi Prambanan DI Yogyakarta bakal mengasyikkan. Karena, pertunjukan tari The Legend of Roro Jonggrang spesial Lebaran akan dihadirkan. Selain itu, sejumlah atraksi dan sajian yang berbeda juga akan turut disuguhkan lebih meriah dibandingkan masa libur Lebaran sebelumnya.

“Nanti akan kami tampilkan pertunjukan tari The Legend of Roro Jonggrang, spesial Lebaran di teater indoor Trimurti yang menampilkan seniman tari lokal bertaraf internasional,” kata Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Hetty Herawati saat jumpa pers di Prambanan, Selasa (4/6).

Menurut Hetty, pertunjukan tari yang belum lama diluncurkan ini akan lebih heboh. Mengangkat kisah cinta klasik Roro Jonggrang yang berakhir dengan tragedi. Namun pertinjukannya akan dikemas dalam balutan koreografi gabungan tari tradisional dengan modern dance.

Atraksi lain yang ditawarkan pun tak kalah asiknya. Ada kesenian jathilan, prajurit Keraton, wanoro, musik dolanan anak, dan lainnya. “Pertunjukan ini ada setiap hari mulai 7-15 Juni pukul 14.00-15.00. Pentas Ramayana di panggung terbuka juga hadir 5-13 Juni pukul 19.30,” tambahnya.

Menambah warna libur Lebaran, TWC juga menggandeng chef dari Association Culinary Professional. Dimana menu spesial Dahar Pitu akan hadir di Rama Shinta Garden Resto Prambanan. Menu ini terdiri dari nasi Puteri Manohara, Selada Nusantara, Gedhang Gapit, Gedhang Kuning, Tape Sos Jowo, Lumpia Sayur, Brongkos dan Sate Jawi.

“Dahar Pitu adalah tujuh menu kuliner spesial Lebaran untuk memperkenalkan khazanah warisan kuliner dan kekayaan alam tanah Jawa. Ini akan menjadi sebuah sajian fantastis bagi wisatawan yang berwisata bersama keluarga,” ucapnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi lonjakan jumlah pengunjung ke Candi Prambanan, ditambah 5 pintu masuk dan 12 mesin tiket. Tahun ini pihak TWC Prambanan menargetkan kunjungan sebesar 200 ribu wisatawan.

“Dengan berbagai hiburan yang kami tampilkan kami optimis target kunjungan akan tercapai. Dimana tahun lalu capaian kunjungan wisatawan di libur Lebaran mencapai 195 ribu wisatawan,” paparnya.

Bagi Kepala Bidang Pemasaran Area I Jawa Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Wawan Gunawan, Candi Prambanan sudah sangat tersohor keeksotisannya. Candi ini selalu menjadi pilihan liburan wisatawan pada musim libur Lebaran.

“Sudah menjadi sebuah tradisi, mudik dan berwisata ke berbagai destinasi yang ada merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi Candi Prambanan yang setiap tahun menjadi pilihan favorit menghabiskan masa libur Lebaran. Dengan adanya berbagai terobosan atraksi ini saya yakin wisatawan akan semakin banyak datang dan berkunjung ke Prambanan,” paparnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebut Prambanan sebagai salah satu magnet wisatawan mengunjungi kawasan Joglosemar. Dengan adanya berbagai atraksi yang dipersembahkan tentunya akan membuat wisatawan terpuaskan. Apalagi atraksi utamanya pertunjukan tari The Legend of Roro Jonggrang.

“Wisatawan pasti terpikat oleh suasana pertunjukan, yang berlatar belakang Candi Prambanan di tepian sungai Opak itu. Apalagi ketika Candi Hindu tertinggi dan terbesar dunia itu disorot lampu dari bawah. Keeksotisan Candi Prambanan bisa terlihat sangat jelas. Sangat khas Wonderful Indonesia. Jadi tunggu apalagi, luangkan waktu untuk nikmati libur Lebaran di The Rise of Java,” ajak Mantan Dirut Telkom itu.(***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here