Jangan Lupa Berkunjung ke 10 Destinasi Ini Saat Mudik di Garut

0
23

GARUT – Garut adalah salah satu kota yang memiliki banyak destinasi wisata untuk Program #PesonaMudik2019. Terletak tidak begitu jauh dari Bandung, wisata di Garut bisa menjadi alternatif saat pulang kampung. Tempat wisata di Garut cukup beragam. Ada wisata air panas, wisata air terjun, hingga wisata gunung. Pantai di Garut juga layak dikunjungi.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, dari Bandung, akses menuju Garut cukup mudah. Dalam perjalanan normal, bisa ditempuh sekitar 2 jam. Sementara dari Jakarta, perjalanan bisa melalui Tol Cipularang.

“Kota Garut dikelilingi banyak gunung, sehingga udaranya sejuk dan segar. Banyak destinasi menarik, membuat Garut menjadi tujuan wisata lokal yang favorit. Selain itu, lokasi kota ini strategis dan mudah dijangkau. Baik dari Bandung maupun Jakarta,” ujarnya, Minggu (19/5).

Bagi Anda yang ingin mudik ke Garut, berikut referensi tempat wisata yang bisa dikunjungi:

1. Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas adalah objek wisata pegunungan. Ini merupakan danau kecil atau talaga yang terbentuk di bekas kawah Gunung Talaga Bodas. Kawah ini masih mempunyai aktivitas vulkanik, namun sudah tidak berbahaya dan aman dikunjungi. Di sini, pengunjung bisa menemukan suasana sejuk dan pemandangan yang menyegarkan mata. Lokasi kawah berada sekitar 28 KM dari ibukota Garut dan relatif mudah dijangkau dengan kendaraan.

2. Hutan Mati Papandayan

Hutan ini menjadi saksi nyata kedigdayaan Gunung Papandayan yang meletus pada tahun 2002. Pepohonan di sana mati terbakar karena awan dan abu panas yang menyelimuti lereng gunung tersebut. Kini, kawasan hutan ini menyajikan pemandangan pohon-pohon yang kering tanpa daun. Meski terkesan agak suram, hutan mati memiliki daya tarik tersendiri. Tertarik? Dilakan datang ke Karamat Wangi, Kecamatan Cisurupan, Kabupaten Garut.

3. Kawasan Wisata Cipanas

Cipanas adalah nama daerah di Garut yang berada di Kecamatan Tarogong Kaler. Banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi di kawasan wisata Cipanas. Mulai dari kolam renang, taman air, hingga permainan outdoor. Tidak akan menyesal jika Anda mengunjunginya saat mudik. Di sini, anda akan menemukan destinasi seperti Sabda Alam Cipanas, Kampung Sumber Alam, dan Danau Dariza.

4. Kebun Mawar Situhapa

Kebun Mawar Situhapa merupakan villa dengan halaman berupa kebun mawar yang luas. Pengunjung akan menemukan berbagai jenis mawar yang sengaja ditanam. Jika waktunya pas, Anda akan melihat bunga mawar mekar serentak. Situhapa berada di Jalan Kamojang KM 5 Kecamatan Samarang, Garut. Dekat dengan Kampung Sampireun, sehingga akan mudah untuk ditemukan.

5. Leuwi Jubleg

Leuwi Jubleg dikenal memiliki keindahannya yang istimewa. Jubleg sendiri berarti alat tumbuk tradisional atau lesung. Konon, nama tersebut disematkan karena bebatuan di sekitarnya mirip jubleg. Jika Anda ingin berlibur ke sana, bersiaplah melakukan trekking untuk beberapa waktu. Destinasi wisata alam ini berada di Kampung Cikupa, Desa Cihikeu, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut.

6. Batu Patapaan

Ada yang menyebutnya Batu Bantal dan Batu Kursi. Formasi tebing di Batu Patapaan memang cukup unik. Cukup menantang bagi para wall climber dengan 8 jalur pemanjatan, dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Tebing yang curam juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta fotografi. Anda bisa menyaksikan lanskap di sana dari perbukitan di Garut. Batu Patapaan sendiri berada di Desa Cipangramatan, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut.

7. Leuwi Tonjong

Aliran air yang terjepit di antara dua tebing batu yang tinggi, menjadi daya tarik tersendiri. Pemandangan itu yang terlihat di Leuwi Tonjong. Asiknya, aliran air dari Sungai Cihurip ini mengalir dengan tenang, sejuk dan jernih. Spotnya yang keren, akan membuat menggemar selfie segera mengeluarkan kamera handphone. Leuwi Tonjong bisa dijumpai di Kampung Rontog, Desa Jayamukti, Kecamatan Cihurip, Kabupaten Garut.

8. Pantai Rancabuaya

Pantai ini mulai dikenal dan menjadi salah satu tujuan wisata di Kabupaten Garut. Berada di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Kabupaten Garut, pantai ini berjarak kurang lebih 135 KM dari pusat ibukota Garut. Tinggi gelombang rata-rata kurang dari 1 meter. Masih aman untuk wisata keluarga. Anda bisa berjalan-jalan di tepi pantai yang memiliki pasir halus, batu karang, dan pasir kasar.

9. Pantai Taman Manalusu

Nama Manalusu konon berasal dari Karl Manalusu, seorang administratur perkebunan kelapa sawit yang pertama menemukan tempat ini. Beberapa titik di pantai ini terlihat menghijau. Yaitu pada batu karang yang mengarah ke laut. Hijaunya lumut yang tumbuh di bebatuan jstru menghadirkan nuansa keren untuk dijadikan obyek foto. Pantainya berlanskap landai dengan pasir berwarna hitam ini berada di Kecamatan Cilekelet, Kabupaten Garut.

10. Curug Nyogong

Lokasi Curug Nyogong cukup tersembunyi. Jauh dari jalan utama, sehingga pengunjung harus trekking kurang lebih selama 30 menit. Namun begitu, semua akan terbayar setelah melihat kemegahan air terjun dan kealamian lingkungannya. Pengunjung bisa mandi dan berenang di sini, namun harus ekstra waspada. Bukan hanya airnya yang deras, tapi karena bebatuannya pun licin. Curug Nyogong berada di Kampung Sawahpasir, Mekarwangi, Cihurip, Kabupaten Garut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here