Jangan Lewatkan Kuliner Nikmat di Negeri Ngapak dalam #PesonaMudik2019

0
45

JAKARTA – Melintasi Purbalingga, Jawa Tengah, saat mudik memiliki kesan tersendiri. Kota yang memiliki julukan Kota Perwira ini terkenal dengan keindakan alam dan kulinernya.

Hawa dingin pegunungan yang menaungi Purbalingga kerap membuat perut keroncongan. Ada beberapa tempat kuliner di Purbalingga yang harus kamu coba karena melegenda.

“Dengan udara dinginnya, Purbalingga bikin kita akan merasa lapar terus. Tapi jangan khawatir, Purbalingga memiliki sejumlah kuliner nikmati yang bisa menghilangkan rasa lapar kalian,” tutur Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Berikut adalah kuliner di negeri Ngapak Purbalingga yang akan memperindah #PesonaMudik2019:

1. Gule Melung Bu Hadi

Olahan daging kambing yang sudah terkenal di Purbalingga, bernama Gulai Melung. Warung Gulai yang dirintis Mariyanti atau dikenal dengan nama Bu Hadi berdiri sejak 2007.

Gulai Melung Bu Hadi memiliki cita rasa yang khas. Dagingnya yang empuk dan sajikan terpisah dengan kuah yang kaya rempah. Gulai Melung berlokasi di dusun Melung Desa Larangan Kecamatan Pengadegan ini buka mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

2. Soto So Bojong

Varian soto di Purbalingga sangat lezat dengan ciri khas bumbu kacang yang gurih. Soto So adalah satu varian soto yang terkenal di Purbalingga.

So dalam bahasa jawa atau bahasa banyumasan berarti daun mlinjo. Soto So menggunakan daun mlinjo sebagai sajian khasnya. Isi dari Soto So berupa ketupat, kerupuk, kecambah, soun, muncang, dan tentu saja daging ayam atau sapi dimana pelanggan bisa memilihnya sesuai selera.

Soto So berlokasi di RT 02/03. Kecamata Bojong, Kabupaten Purbalingga sekitar 200 meter dibelakang kantor kelurahan Bojong. Warung Soto So yang lezat ini buka mulai pukul 09.00-14.00 WIB.

3. Ayam Goreng Mbok Sarun

Satu kuliner ayam yang sudah melegenda di Purbalingga ada Ayam Goreng Mbok Sarun. Ayam goreng Mbok Sarun ini memiliki beberapa cabang di kota lain seperti Purwokerto, Solo, dan Tegal.

Ayam Goreng Mbok Sarun yang berdiri sejak 1061 ini berlokasi di Bobotsari, tepatnya di Jalan Menur B1/C33 Desa Majapura, Bobotsari. Ciri khas Ayam Goreng Mbok Sarun adalah daging yang sangat empuk dan tulang yang lunak.

4. Soto Misdar

Soto Misdar tidak kalah melegenda di Purbalingga. Warung Soto Misdar telah dirintis sejak 1981. Campuran ketupat, soun, kecambah, dan daun bawang dengan taburan potongan daging sapi atau ayam ini sangat lezat.

Daging ayam dan daging sapinya pun sangat empuk. Siraman kuah santan dengan rempah yang khas akan membuat Soto Misdar semakin buket dan gurih.

Soto Misdar berlokasi di depan Kantor Pengadilan Negeri Purbalingga. Kalau kamu dari alun-alun Purbalingga, kamu harus ke arah bancar sampai melewati tugu bancar, kemudian melewati gapura bertuliskan Badhog Center, lalu berjalan sekitar 50 meter, Soto Misdar berada di kiri jalan.

5. Sate Yani

Purbalingga punya jagoan warung sate yang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Warung sate ini bernama Sate Yani.

Sate Yani berlokasi di Desa Bojong, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga. Lokasi warung Sate Yani berada di pinggir jalan Desa Bojong.

Satu hal yang membuat Sate Yani terasa lezat adalah selalu menggunakan kambing muda yang berumur kurang dari tiga bulan. Sate diolah dengan bumbu khusus dan disajikan di atas hot plate. Hmmm…yummy….

6. Es Duren Pak Kasdi Bancar

Siapa yang tidak kenal dengan Es Durian Kombinasi Pak Kasdi. Warung Es Durian pak Kasdi sudah berdiri sejak 1969. Rasanya yang legendaris dan tak ada duanya membuat setiap orang yang berkunjung ke Purbalingga selalu mampir untuk mencicipinya.

Es Durian Pak Kasdi berisi daging durian yang sangat harum dan enak. Es Durian Pak Kasdi juga menggunakan santan yang akan menambah gurih dan segar pada airnya. Selain itu, terdapat topping susu kental manis dan coklat dijamin akan menambah ke segaran Es Durian.

Meski menggunakan daging durian, Es Durian Pak Kasdi ternyata harganya bersahabat. Cukup dengan Rp 8.000 – Rp. 22.000, kamu sudah bisa menikmati kesegaran Es Durian legenda ini. Es Durian Pak Kasdi Berlokasi di Depan Tugu Bancar Purbalingga atau depan Kodim 0702 Purbalingga.

7. Nasi Goreng Flamboyan

Satu lagi kuliner yang terkenal di Purbalingga adalah Nasi Goreng Flamboyan. Letak warung Nasi Goreng Flamboyan di Jalan Jenderal Soedirman dari arah alun-alun ke Tugu Bancar.

Di warunng ini, kamu akan melihat kerumuman warga yang antre sambil menikmati atraksi koki memasak dengan api menyala-nyala.

Asal tahu saja, pemilik warung Herry Setiawan merintis Nasi Goreng Flamboyan sejak 1987. Warung yang awalnya berlokasi didepan Gedung Kejaksaan Purbalingga ini, mulai 24 Januari 2016 pindah lokasi sekitar 100 meter dari lokasi sebelumnya, yaitu disebelah gereja jawa depan toko roti Purimas/ 100 ke arah barat dari Gedung Kejaksaan Purbalingga.

Warung ini menyediakan berbagai varian menu seperti nasi goreng flamboyan, nasi goreng balado, nasi goreng ayam mentega, nasi goreng ayam bakar karamel, mie goreng rendang ayam, nasi goreng ayam rica-rica, flamboyan pasta, capcay, mie kuah dan berbagai olahan lainnya. Jika ingin menikmati Nasi Goreng Flamboyan kamu dapat berkunjungnya mulai pukul 14.20-22.00 WIB.

8. Sroto Klamud

Makanan khas Purbalingga yang populer lainnya adalah Sroto Klamud. Sroto ini memiliki racikan yang unik. Jika lazimnya semangkok soto hanya kuah berisi bihun, toge, irisan daun bawang, irisan daging, sambal serta kerupuk ditambah nasi atau kupat, di Sroto Klamud, kamu ga akan menemukan bihun. Bihun diganti dengan daging kelapa muda sebagai ciri khas sroto ini.

Sroto Klamud semakin unik karena tersaji dalam batok kelapa muda yang masih lengkap dengan sabutnya. Jadilah Sroto Kelapa Muda atau yang tenar disingkat dengan Sroto Klamud. Sebelum disajikan, daging kelapa muda sudah dikukus terlebih dahulu untuk menghilangkan rasa mentahnya agar bisa nyambung dengan baik.

9. Sate Blater

Sate Blater terletak di Desa Blater, Kecamatan Kalimanah. Sate ayam blater ini berbeda dengan sate madura atau sate ayam lainnya. Perbedaan itu pada cara memasaknya, umumnya sate dibakar saat daging masih mentah, tapi Sate Blater sebelum dibakar, daging telah direndam dalam racikan bumbu rahasia khas orang-orang Desa Blater. Saat dibakar, daging berkali-kali dilumuri bumbu. Enggak heran jika dagingnya gurih meresap.

10. Serabi Cikal

Serabi Cikal sangat populer dan melegenda di Purbalingga. Berlokasi di Jalan Komisaris Noto Sumarsono No.21, Purbalingga Kidul, kota Purbalingga, Jawa Tengah, Serabi Cikal punya ciri khas adanya Cikal didalamnya.

Cikal sendiri adalah sebutan orang jawa (Banyumas khususnya) untuk menyebut potongan kelapa muda yang dipakai untuk membuat santan kelapa. Cikal dengan ukuran kecil-kecil dan mudah dikunyah ini dicampur dalam adonan serabi yang bikin tambah gurih rasanya. Rasanya? hmmmmm…gurih dan lembut di mulut.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here