Mudik di Indramayu, Pilih 10 Destinasi Ini

0
36

INDRAMAYU – Indramayu adalah daerah yang cukup sibuk dalam #PesonaMudik2019. Tapi jangan khawatir. Indramayu sudah menyiapkan rest area terbaik buat para pemudik. Pemudik yang mampir, juga bisa menikmati destinasi wisata di sana. Dijamin gak bakal nyesel.

“Indramayu poros penting jalur mudik di Pantura (Pantai Utara) Pulau Jawa. Dengan keunikannya, ada banyak rest area alam dan buatan yang bisa dinikmati. Pemudik bisa mengeksplorasi sejenak destinasi ini. Sebab, semuanya unik. Ada banyak experience yang ditawarkan,” ungkap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Destinasi di Indramayu mudah diakses. Namun, atraksi, dan amenitas Indramayu juga luar biasa. Bukan hanya sesaat, pemudik bisa menikmati warna lain Indramayu untuk durasi panjang. Nah, berikut disajikan Top 10 Destinasi di Indramayu:

1. Pulau Biawak

Pulau Biawak merupakan destinasi terkenal di Indramayu, Jawa Barat. Sesuai namanya, pulau tersebut terkenal sebagai habitat hewan Biawak. Ada banyak sekali Biawak yang mendiami pulau tersebut. Dan, kawasan ini juga memiliki pulau lain dengan kondisi mirip Pulau Biawak.

Keunikan Pulau Biawak semakin lengkap. Kawasan tersebut ditopang dengan view eksotis. Apalagi, di satu sisinya terdapat mercu suar tua. Rambu laut ini masih berfungsi baik dan menjadi penanda lalu lintas air d sekitarnya. Berusia tua, mercu suar sudah ada sejak era penjajahan kolonial.

Bila berkunjung ke sini, ada banyak spot yang bisa dieksplorasi. Sebab, Pulau Biawak juga terkoneksi dengan Pulau Gosong dan Candikian. Keduanya memiliki kekhasan yang unik, selain view indah versi wisata baharai Indramayu.

2. Pantai Tirtamaya

Berada di Pantura, Indramayu memiliki banyak spot wisata bahari. Salah satu yang unik adalah Pantai Tirtamaya. Lokasinya berada di Juntikedokan, Juntinyuat, Indramayu. Destinasi tersebut beroperasi dari pukul 08.00-17.00 WIB. Dengan pantainya yang landai, pengunjung bisa menjalani beragam aktivitas. Dan, destinasi ini terkenal dengan keelokan sunrise dan sunsetnya sekaligus.

Dengan pesonanya, Pantai Tirtamaya kerap digunakan sebagai venue sebuah event. Bisa konser musik atau tradisi pesta laut. Areanya sangat Instagenik, terutama jembatannya yang menjadi tempat sandar perahu milik nelayan.

3. Pantai Glayem Indramayu

Warna eksotis ditawarkan Pantai Glayem. Pengunjung bisa memproduksi konten foto media sosial di sini. Backgroundnya unik dengan pantai plus pemecah ombaknya. Dengan posisinya di Pantura, pantai ini juga spot terbaik untuk menikmati sunset atau sunrise.

Silahkan berkunjung ke Pantai Glayem Indramayu. Aksesibilitasnya mudah. Ada trayek kendaraan umum yang terhubung dengan destinasi tersebut. Tiket masuknya juga ramah, yaitu Rp3 Ribu per pax. Jadi, pastikan Pantai Gliyem Indramayu sebagai destinasi terbaik mudik Lebaran 2019.

4. Hutan Mangrove Karangsong

Destinasi ini merupakan salah satu tempat wisata favorit baru di Kabupaten Indramayu. Tempat wisata yang terletak tidak jauh dari Pantai Karangsong ini berlokasi di Desa Karangsong, Indramayu.

Di objek wisata tersebut, Anda bisa berkeliling hutan mangrove. Yaitu, dengan menggunakan ojek perahu yang bisa kita sewa. Karakternya khas dengan udara segar khas pantai. Pengunjung bisa menemui beragam fauna menarik di sini.

5. Taman Cimanuk Indramayu

Tempat wisata keluarga di Indramayu ini berada di pinggiran sungai Cimanuk. Tepatnya di Jalan Veteran, belakang Masjid Agung Indrmayu.

Taman Cimanuk termasuk tempat nongkrong di Indramayu. Karena terbuka untuk umum, tidak dikenakan biaya tiket masuk untuk bermain di taman Cimanuk, Indramayu ini.

6. Curug Citayam

Meski memiliki topografi landai, Indramayu ternyata memiliki destinasi air terjun. Namanya, Curug Citayam. Lokasinya berada di Cikawung, Indramayu. Kawasan tersebut menjadi lokasi trekking ideal. Sebab, pengunjung bisa menikmati aktivitas tersebut sebelum menjangkau Curug Citayam.

View sepanjang perjalanan sangat indah. Nuansanya hutan dengan karakter khas Indramayu. Udara dan anginnya sangat segar. Suasana semakin lengkap manakala sampai di Curug Citayam. Airnya jernih dan sejuk. Sangat pas membasahi badan usai menikmati jalur trekking.

7. Pantai Karang Song

Pantai Karang Song menambah daftar panjang wisata bahari Indramayu. Dengan konsep eco wisata, pengunjung bisa menikmati garis pantai lengkap dengan mangrove-nya. Ada banyak vegetasiyang ada di sini, seperti bakau hitam, bakau kecil, dan bakau minyak. Ada juga api-api, pidada, ketapang, bidara, hingga cemara laut.

Kawasan ini juga memiliki 37 spesies burung. Sebut saja kuntul besar, kowak malam kelabu, dara laut, hingga rajaudang kalung biru. Sembari menikmati alam, pengunjung bisa memanjakan hobi memancing. Ada banyak ikan di sini, seperti belanak, gelodok, hingga keting. Pada kawasan ini juga kadang ditemui hewan biawak.

8. Waduk Cipancuh Indramayu.

Tempat wisata Waduk Cipancuh mempunyai luas area sekitar 70 hektar. Sedangkan secara tata administrative negara, Waduk di Indramayu berada di desa Situraja, Gantar, Indramayu.

Sebenarnya dibuat untuk keperluan irigasi persawahan. Namun, karena pemandangannya yang elok, Waduk Cipancuh, Indramayu ini kini menjadi salah satu obyek wisata murah di Indramayu. Tidak dikenakan tiket masuk ke Waduk Cipancuh ini, karena merupakan tempat wisata umum.

9. Situ Bolang

Destinasi alternatif itu bernama Situ Bolang. Lokasinya berada di Jatisura, Cikedung, Indramayu. Area ini terkenal sebagai spot pemacingan alam yang luar biasa. Ada banyak ikan yang bisa diburu melalui mata kail. Lebih lengkap lagi, pengunjung akan disuguhi eksotisnya alam desa dengan persawahannya.

Situ Bolang bukan sekedar destinasi wisata biasa. Kawasan ini menjadi urat nadi perekeonomian warga di sana. Sebab, kawasan ini sudah dinaikan statusnya menjadi Lokawisata Alam Pedesaan. So, selain alam, pengunjung juga bisa menikmati budaya masyarakatnya. Silahkan merapat sejenak di Situ Bolang bila mudik di poros Indramayu.

10. Pantai Glayem

Warna eksotis ditawarkan Pantai Glayem. Pengunjung bisa memproduksi konten foto media sosial di sini. Backgroundnya unik dengan pantai plus pemecah ombaknya. Dengan posisinya di Pantura, pantai ini juga spot terbaik untuk menikmati sunset atau sunrise.

Silahkan berkunjung ke Pantai Glayem Indramayu. Aksesibilitasnya mudah. Ada trayek kendaraan umum yang terhubung dengan destinasi tersebut. Tiket masuknya juga ramah, yaitu Rp3 Ribu per pax. Jadi, pastikan Pantai Gliyem Indramayu sebagai destinasi terbaik mudik Lebaran 2019.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here