Maknyus!! Ayo Manjakan Lidah di Kuliner Khas Kota Banjar Patroman

0
44

JAKARTA – Kota Banjar tentu tidak asing bagi para pemudik di lintas Selatan Jawa Barat. Kota yang terletak di perbatasan dengan Provinsi Jawa Tengah ini menjadi pintu gerbang utama jalur lintas selatan. Banjar Patroman berbatasan dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Sebagai kota dengan geografi di perbatasan, Kota Banjar memiliki kuliner yang unik. Perpaduan masakan Jawa Barat dan Jawa Tengah menjadikan cita rasa tersendiri yang sangat khas untuk diicip pada #PesonaMudik2019.

Ada banyak kuliner yang terkenal di Kota Banjar. Bagi pemudik atau traveller yang sudah menjejakkan kaki di Kota Banjar, kuliner yang disarankan dan wajib dinikmati adalah Rumah Makan Beti, Sate Nikmat Putra, Mie Ayam OSIS Kenanga, Rumah Makan Sari Rasa, Bakso Sari Rasa alias Baso H.Ayo Sunaryo, Rumah Makan Acip Lama Banjar, Rumah Makan Prima Rasa, Batagor Kuah Depan Kantor Pos Banjar, Mie Ayam Kampung Nambo, dan Soto Banyumas Kubangpari.

Ingin tahu kuliner populer ini secara mendalam, berikut ulasannya:

1. Rumah Makan Beti

Rumah Makan Beti atau RM Beti menjadi rumah makan yang terkenal di Kota Banjar. RM Beti berlokasi di Jalan Brigjen M Isa, Cipandung, Kota Banjar. RM dengan nuansa bambu ini buka sejak pukul 07.00 hingga pukul 23.00 WIB.

RM Beti punya menu andalan, yaitu Pepes Lubang dan sidat. Lubang dan sidat adalah sejenis belut dalam bahasa daerah setempat. Belut disajikan sebagai menu pepes lezat dengan baluran daun kemangi, daun bawang, dan seledri. Pepes ini sangat digandrungi pengunjung karena tekstur daging belut yang lembut dan gurih.

Selain pepes, RM Beti juga menyediakan goreng manuk atau burung. Burung yang di sajikan adalah burung pela yang diungkep sampai empuk dan digoreng hingga renyah. Burung goreng dihidangkan dengan sambal terasi dan lalapan.

2. Sate Nikmat Putra

Kota Banjar punya kuliner juara untuk sate. Sate Nikmat Putra, menjadi kuliner andalan. Lokasi Sate Nikmat Putra terletak di Jalan Raya Cikadu (Parungsari), Banjar, Jawa Barat.

Di warung ini, pengunjung harus antre untuk bisa menikmati kelezatan sate nikmat putra. Sate dan gulai menjadi makanan favorit yang kerap ludes dipesan pengunjung.

3. Mie Ayam OSIS Kenanga

Untuk urusan mie ayam, Kota Banjar punya jagoan, yaitu Mie Ayam OSIS di Jalan Hamara Efendi (Jalan Gudang), tepatnya di sebelah kanan bekas Bioskop Kenanga yang kini berubah menjadi Baninza Cineplex (Toserba Samudera).

Soal rasa, Mie Ayam OSIS tidak usah ditanya lagi. Tidak heran jika lapak Mie Ayam ini tidak pernah berhenti melayani para pembeli. Ada satu cerita kenapa Mie Ayam ini disebut Mie Ayam OSIS. Dahulu, Mie Ayam ini selalu ramai dikunjungi para elajar SMA yang di kemudian hari disebut OSIS.

Jika ingin mencoba Mie Ayam OSIS, Mie Ayam ini buka sejak pukul 07.00 WIB hingga selesai.

4. RM Sari Rasa

Kuliner terkenal di Kota Banjar adalah RM Sari Rasa. Rumah makan ini terletak di Jalan Sudiro atau Jalan Gudang, Kota Banjar.

Ada beragam menu yang disajikan di rumah makan tersebut. Meski cita rasanya sudah diakui, pemilik RM Sari Rasa tidak mematok harga mahal. Untuk itu jangan heran jika di hari kerja, RM ini diserbu oleh pengunjung terutama di jam istirahat, pukul 11.30 hingga 12.30 WIB.

5. Baso Sari Rasa H Ayo Sunaryo

Meski kaya dengan beragam menu makanan khas tradisional, bakso tetap menjadi kuliner yang juga patut dicoba di Kota Banjar. Baso Sari Rasa alias Baso H Ayo Sunaryo yang berada di ujung selatan sangat melegenda dan terkenal di Banjar.

Saking ramainya pengunjung, pemilik menyediakan dua lapak sekaligus di dua sisi jalan yang menjadi area parkir. Baso Ayo versi pasar adalah merupakan cabang dari Rumah Makan Sari Rasa di perempatan Jalan Gudang.

6. Acip Lama Banjar

Selain Baso Ayo, Banjar juga punya punya jagoan Bakso lainnya. Bakso Acip Lama Banjar di Jalan Letjen Suwarto Nomor 32, Banjar Patroman, ini sangat direkomendasikan bagi pemburu kelezatan bakso. Pasalnya, bakso sama pangsitnya TOP Markotop banget.

7. Rumah Makan Prima Rasa

Ini dia rumah makan tradisional khas Banjar. Berlokasi di Jalan Husein Kartasasmita, RM Prima rasa sangat terkenal di Banjar.

Menu yang sangat disarankan di rumah makan ini ikan cobek karuhun. Ikan cobek ini adalah ikan mas atau ikan gurame yang disajikan dengan bumbu kacang tanah, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jahe, kencur dan kecombrang (honje). Rasanya? sensasi pedasnya bikin bibir maju mundur.

Selain ikan cobek, soto Banjar kuah bening dengan komposisi daging ayam atau sapi ditambah bihun dan toge dapat dicoba. Rumah makan ini buka mulai pukul 07.00 sampai jam 21.00 WIB.

8. Batagor Kuah Depan Kantor Pos Banjar

Batagor kuah depan kantor pos Banjar dengan nama Batagor Asep sangat direkomendasikan untuk diicip-icip. Batagor ini memiliki rasa yang khas berkarakter dengan isi batagor renyah dan lembut.

Batagor ini sukses menggoyang lidah karena kuah berisi batagor, tetelan atau juga disebut tulang lunak, dan telur ayam.

Terdapat dua sajian batagor. Selain batagor berkuah, ada pula batagor kering. Satu porsi batagor kuah dihargai Rp 12 ribu. Meski warung tenda, rasanya bintang lima loh.

9. Mie Ayam Kampung Nambo

Mie Ayam Kampung Nambo memiliki ciri tersendiri. Mie yang dibuat sendiri oleh pemilik cukup kenyal. Daging ayam kampung yang digunakan menambah kenikmatan rasa. Tidak perlu khawatir kocek bolong jika ingin menikmati seporsi mie ayam Kampung Nambo. Hanya dengan Rp10 ribu hingga Rp12 ribu, kamu bisa kenyang dengan mie ayam bercita rasa bintang tiga.

10. Soto Banyumas Kubangpari

Soto Banyumas Kubangpari juga menjadi kuliner TOP di Banjar. Lokasi Soto Banyumas Kubangpari tepat di timur MTS Kubangpari.

Soto Kubangpari disebut memiliki karakter tersendiri karena menggunakan mentok ataupun ayam kampung. Soto Kubangpari diracik langsung oleh warga Banjar keturunan Banyumas.

Tunggu apa lagi guys?? Ayo langsung merapat ke Kota Banjar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here