Hingga April 2019, Wonderful Indonesia Sudah Raih Segudang Penghargaan

0
64

JAKARTA – Belum habis semester pertama 2019, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sukses membuat Wonderful Indonesia meraih banyak awards. Tidak main-main, penghargaan-penghargaan yang diraih kelasnya regional dan internasional.

Penghargaan-penghargaan yang diraih di bulan Januari antara lain Asean Tourism Award 2019, Reisgaarg Award, on Vakantiebeurs, Netherlands Documentations 2019, dan Outbound Travel Mart (OTM) 2019. Sementara di bulan Februari prestasi didapat di ajang East Mediterranean International Tourism & Travel Exhibition (EMITT) 2019.

Raihan awards berlanjut di bulan April. Di antaranya Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019, Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) Award 2019, Asia Dive Expo 2019, Tour Film Fest Bulgaria 2019 (April 2019), WTTC Award 2019 (April 2019), ASEANTA AWARD 2019, dan China Traveler’s Top Spot Award (CTrip)

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, peringkat tersebut menunjukkan daya saing pariwisata Indonesia semakin diperhitungkan di level global.

“Memenangan ini menjadi momentum yang sangat baik untuk memacu kinerja kita mencapai target 20 juta wisman pada tahun 2019,” ujar Menpar Arief Yahya, Rabu (15/5).

Mengapa award menjadi penting? Menurut Menpar Arief Yahya, award begitu penting karena tiga alasan yang biasa dia sebuy 3C. Yakni Confidence, Credibility, dan Calibration.

“Confidence. Award akan menaikkan tingkat kepercayaan (confidence level) kita. Penghargaan pada dasarnya adalah sebuah legitimasi atau pengakuan. Bila kita mendapatkan penghargaan, maka self confidence kita akan naik,” jelas Menpar Arief Yahya.

Menteri asal Banyuwangi ini juga memaparkan terkait Credibility. Dikatakannya, jika dikomunikasikan dengan baik, award yang diperoleh dapat menjadi cara marketing yang paling efektif untuk image.

“Kita tidak perlu bersusah payah menyampaikan keunggulan yang kita miliki. Orang lainlah yang menyatakannya. Nigel Botterill – pemenang BT Entrepreneur Award – menyatakan “It provides instant credibility! People will remember long after the award is presented,” ungkapnya.

Pria peraih Marketer of The Years 2016 ini menambahkan, membentuk persepsi melalui positive referal seperti ini sangat efektif. Dan tentunya harus diikuti dengan kinerja yang baik pula.

“Sementara Calibration penjelasannya begini. Sebuah penghargaan juga bermanfaat untuk menera apakah yang kita lakukan sudah benar sekaligus mengetahui posisi kita dibandingkan dengan yang lain,” papar Menpar Arief Yahya.

“Menera berarti melakukan pengukuran apakah yang kita lakukan sudah ada dalam track yang benar atau tidak. Dan pengukuran ini menjadi penting, karena bila tak bisa mengukur, maka kita tidak bisa mengelola. If you cannot measure, you cannot manage,” sambungnya.

Berikut detil Awards Achieved by Wonderful Indonesia hingga April 2019 :

Asean Tourism Award 2019

Ajang ini merupakan penghargaan yang dibentuk atas dasar inisiatif dari ke-10 negara anggota ASEAN. Tahun 2019 digelar di In Ha Long Bay, Vietnam 17 Januari 2109.

Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong kemajuan pariwisata ASEAN. Lebih utamanya, ASEAN Tourism Standards Award ini dimaksudkan untuk menciptakan satu destinasi di kawasan ASEAN yang bermutu tinggi.

Indonesia telah memenangkan sebanyak 11 award dari 4 kategori yang ada yakni The Best Homestay, Best Public Toilet, The Best Spa Service dan The Best CBT (Community Based: Tourism).

Reisgaarg Award, on Vakantiebeurs, Netherlands Documentations 2019

Pameran Vakantiebeurs 2019 merupakan pameran pariwisata terbesar di wilayah Benelux. Indonesia menerima penghargaan Reisgraag Award sebagai the Best Destination. Ini merupakan penghargaan pertama yang diterima Indonesia sejak pertama kali diluncurkannya penghargaan tersebut pada tahun 2011.

Outbound Travel Mart (OTM) 2019

OTM 2019 diadakan di OTM) di Bombay Exhibition Center, Mumbai yang diselenggarakan pada 23-25 Januari 2019 lalu.

Kemenpar dengan brand Wonderful Indonesia mendapat penghargaan sebagai Best Decoration Award di OTM 2019 dan juga berperan sebagai Premium Partner Country. Ini berarti, dalam pameran tersebut, Wonderful Indonesia mendapatkan lebih banyak keistimewaan dan exposure.

East Mediterranean International Tourism & Travel Exhibition (EMITT) 2019

EMITT Expo 2019 digelar di Istambul, Turki pada 28 Januari-5 Februari 2019. Di ajang ini, Wonderful Indonesia menjadi pemenang kategori The First & Best Appearance Of EMITT 2019 mengalahkan puluhan Negara dari Asia dan Eropa.

World Travel Lifestyle Expo 2019

WTLE 2019 digelar di SMX Convention Centre, Manila Filipina, 5-7 April lalu. Di ajang ini, Indonesia harus bersaing dengan ratusan booth yang ikut memamerkan produk dan jasa mereka.

Ada dua penghargaan yang disabet Wonderful Indonesia di ajang WTLE Filipina. Yakni, Best Booth Award dan Best Performance.

Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) Award 2019

MIHAS 2019 diselenggarakan di Level 2 Hall 2, Malaysia International Trade & Exhibition Centre (MITEC) pada 3 – 6 April 2019.

Di sini Kemenpar mempromosikan wisata halal Indonesia. Sekaligus, mempertahankan eksistensi pariwisata Indonesia di dunia, khususnya kawasan Asia Tenggara. Penghargaan yang diraih, The Best Country Pavillion Destination.

Global Muslim Travel Index (GMTI) 2019

Pengumuman penghargaan GMTI 2019 digelar di Pullman Hotel Jakarta, 9 April 2019. Indonesia dan Malaysia ditetapkan sebagai destinasi wisata halal (halal tourism) terbaik dunia 2019 standar GMTI 2019, mengungguli 130 destinasi dari seluruh dunia.

Menurut data GMTI, Indonesia dan Malaysia memperoleh skor penilaian yang sama persis, yaitu 78. Ada empat kriteria yang digunakan sebagai acuan penilaian yang meliputi access, communication, environment, dan services(ACES).

Asia Dive Expo 2019

Asia Dive Expo 2019 digelar 11-14 April 2019 di Suntec Singapore Convention & Exhibition Center, Singapura. Wonderful Indonesia memborong lima penghargaan atau award sekaligus di ajang Adex Singapura 2019.

Adapun award yang diraih antara lain Adex Best Tourism Destination of The Year, Adex Official Country Partner of The Year, dan dua award Adex Award for Outstanding Contribution to Dive Tourism, serta Adex Official Country Partner of The Year.

Tour Film Fest Bulgaria 2019

Video Wonderful Indonesia sekali lagi meraih prestasi luar biasa di dunia internasional. Kali ini diraih di ajang Tour Film Fest Bulgaria 2019 yang dihelat di Bulgaria pada 16 April 2019 lalu.

Video berdurasi 3 menit dengan latar belakang keindahan alam Banyuwangi, kemegahan Candi Borobudur dan Candi Prambanan, serta keunikan budaya Bali berhasil menang dalam kategori Nature and Eco-Tourism pada International Tour Film Fest Bulgaria “On the East Coast of Europe 2019.

WTTC Award 2019

Penyerahaan penghargaan kepada para pemenang diselenggarakan pada tanggal 3 April 2019 di Sevilla, Spanyol. Kelompok Peduli Lingkungan Belitung masuk ke 15 peserta terbaik dari 1600 peserta penghargaan pada kategori Change Maker di WTTC Global Award 2019.

ASEANTA Award 2019

Indonesia berhasil memenangkan 4 penghargaan pada posisi pertama dan 1 penghargaan pada posisi kedua pada kompetisi internasional ini. Penghargaan diserahkan pada tanggal 25 April 2019 di Kuala Lumpur.

Pada posisi pertama, Indonesia memenangkan 4 penghargaan. Yakni Best Marketing and Promo Campaign – Co Branding WI, Best Photograph – Good Morning Lombok, Best Airline Program – Citilink dan Best Hotel Package – Samara Bali.

Pada posisi kedua, Indonesia memenangkan 1 penghargaan yakni pada kategori Best Cruise Program yang dimenangkan Oleh The Seven Seas Cruise dengan program Fascinating Sea Voyage.

China Traveler’s Top Spot Award (CTrip) 2019

Bali meraih award The Most Popular Overseas Destinations bersama dengan 9 Destinasi di Dunia lainnya. Penghargaan diserahkan pada acara China Traveler’s Forum & China Traveler’s Top Spot Award yang dilaksanakan di Chongqing, China pada tanggal 23 April 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here