Ramadan Pesantren Sirnarasa Bakal Diramaikan dengan Silaturahim Artis

0
19

JABAR – Pondok Pesantren Sirnarasa menggelar event bertajuk ‘Ramadan Pesantren Sirnarasa’ (RPS). Acara keagamaan ini berlangsung 4-28 Mei 2019. Kegiatan dipusatkan di lingkungan pesantren, Desa Ciomas, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional II Kemenpar Adella Raung mengatakan, selama ini Pesantren Sirnarasa selalu mengutamakan ajaran Thoriqoh Qodiriyyah Naqsabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya (TQN PP Suryalaya). Hal itu tak lepas dari diri Mursyid TQN PP Suryalaya, yakni Abah Aos.

Menurutnya, RPS sendiri bertujuan meningkatnya rasa syukur atas keberadaan peran Abah Aos. Dimana, sejauh ini telah melakukan banyak perubahan dan perkembangan positif bagi agama dan negara.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatnya keharmonisan antara ikhwan TQN PP Suryalaya, keluarga besar Pesntren Sirnarasa, dan warga Kabupaten Ciamis. Termasuk meningkatkan pemberdayaan potensi kedua pesantren dalam kontribusinya bagi kemajuan agama dan negara,” ujarnya, Minggu (12/5).

Adapun rangkaian kegiatan RPS meliputi Pesantren Kilat dan Kajian Intensif Kitab Kuning, Manaqib Kubro, Maulid Abah Aos, Silaturahim Artis-artis, Entertainer dan Entrepreneur, serta Tabligh Akbar Peringatan Nuzulul Qur’an.

Kepala Bidang Pemasaran Area I (Jawa) Kemenpar Wawan Gunawan menambahkan, Pondok Pesantren Sirnarasa memang memiliki kedekatan khusus dengan Pondok Pesantren Suryalaya. Maka, tak heran jika kemudian kegiatan RPS tetap melibatkan PP Suryalaya dalam pelaksanaannya.

“RPS diikuti banyak peserta dari berbagai latar belakang. Antara lain dari unsur lembaga kesehatan, perekonomian, lingkungan hidup, dan seni dan budaya. Termasuk ikhwan TQN PP Suryalaya, keluarga besar Pesantren Sirnarasa, dan masyarakat umum di lingkup Kabupaten Ciamis,” bebernya.

Beberapa waktu terakhir Pesantren Sirnarasa mulai menjelma menjadi kiblat wisata religi. Terutama untuk daerah Jawa Barat. Berbagai event besar kerap digelar. Awal Maret lalu, pesantren ini bahkan dikunjungi 32 publik figur. Mereka hadir untuk mengikuti ‘Silaturahmi Artis, Public Figure, Entertainer, & Entrepreneur’.

Hal ini membuat pengasuh pesantren, Kh. Dadang Mulyawan, senang.

“Ini membuktikan Pesantren Sirnarasa terus berkembang. Kita pun semakin diterima masyarakat dari berbagai golongan. Kondisi ini bagus buat pesantren,” katanya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengaku mendukung kegiatan RPS yang digelar Pesantren Sirnarasa. Terlebih, Pesantren Sirnarasa, banyak melahirkan tokoh nasional yang memiliki ahlak luar biasa.

“Ini kegiatan yang sangat positif yang diselenggarakan oleh pesantren yang hebat. Kita memberikan apresiasi kepada Pesantren Sirnarasa yang mampu mencetak manusia-manusia yang luar biasa. Lewat ‘Ramadan Pesantren Sirnarasa’, kita berharap bisa mencetak generasi yang handal dan religius,” ungkapnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here