Panaskan ‘Mesin’ Pariwisata, Sulsel Luncurkan CoE 2019

0
119

JAKARTA – Sulawesi Selatan bakal memanaskan pariwisata Indonesia sepanjang 2019. Beragam atraksi telah disiapkan. Semua dirangkum dalam Calendar of Event Sulawesi Selatan 2019. Jumat (26/4), CoE Sulsel resmi dirilis di Gedung Sapta Pesona, Kantor Kementerian Pariwisata, Jakarta.

Total, ada 14 event utama yang digelar Sulawesi Selatan untuk tahun 2019. Satu event diantaranya masuk dalam Top 10 Wonderful Event Indonesia. Yaitu Eight Festival atau Festival Eight (F8). Event ini akan berlangsung 4-8 September di Pantai Losari, Makassar.

Selain itu, ada tiga event lain yang masuk dalam Calendar of Event Wonderful 2019. Yaitu Toraja International Festival, 19-21 Juli di Rantepao, Toraja Utara, kemudian Festival Phinisi, 12-15 September di Bulukumba, dan Festival Takabonerate, 24-28 Oktober di Kabupaten Selayar.

Apresiasi diberikan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata Rizki Handayani.

“Sulawesi Selatan sangat serius menggarap sektor pariwisata. Buktinya, jumlah event yang masuk dalam Calendar of Event Nasional bertambah. Tentu hal tersebut harus diapresiasi,” ujar Rizki, Jumat (26/4).

Dengan keseriusan ini, Rizki Handayani yakin wisatawan yang akan berkunjung ke Sulawesi Selatan akan bertambah.

“Jadwal harus pasti. Karena jadwal sangat berpengaruh pada kunjungan wisatawan. Khususnya wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Selatan, didominasi wisatawan asal Malaysia. Tahun 2018, kunjungan wisatawan Malaysia sebanyak 7.814 orang. Di bawahnya, ada wisatawan Singapura dengan jumlah 693 orang. Sulawesi Selatan juga menjadi pilihan wisatawan asal Korea Selatan, Jerman, Perancis, dan Belanda.

Sedangkan kunjungan wisatawan nusantara ke Sulawesi Selatan juga sangat besar. Sepanjang 2018, kunjungan wisnus sebanyak 10.073.934.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, juga memberikan apresiasinya untuk Sulawesi Selatan.

“Sulawesi Selatan sangat serius menggarap sektor pariwisata. Hal ini dibuktikan dengan 4 event mereka yang ditetapkan sebagai event nasional. Bahkan satu diantaranya masuk dalam Top 10 Wonderful Event Nasional. Kementerian Pariwisata tentu memberikan dukungan kepada daerah yang memperhatikan sektor pariwisata. Seperti yang dilakukan Sulsel,” paparnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here