Road to Belitong Geopark Eksplorasi Kepulauan Seribu

0
32

JAKARTA – Belitung akan disuguhkan event keren Belitong Geopark International Stand Up Paddle and Kayak Marathon (BGISUP-KM) 2019, 2-4 Agustus. Namun, keseruan juga bisa dirasakan di Jakarta. Sebab, event ini akan menyapa masyarakat Jakarta lewat kegiatan Jakarta 1000 Island Paddling di Kepulauan Seribu.

Jakarta 1000 Island Paddling adalah rangkaian Road to BGISUP-KM 2019. Jakarta 1000 Island Paddling akan digelar Minggu (14/4). Spot yang dipilih adalah Pulau Pramuka dan Pulau Semak Daun. Ketua

Sea Kayak Indonesia Ade Satari mengungkapkan, Jakarta 1000 Island Paddling akan mengeksplorasi Kepulauan Seribu, khususnya di Pulau Pramuka dan Semak Daun.

“Beragam persiapan menuju BGISUP-KM 2019 terus digelar. Kali ini kami memilih perairan Kepulauan Seribu sebagai venue-nya. Kawasan ini sangat indah. Jadi peserta bisa sekalian liburan di sana,” ungkap Ade, Sabtu (13/4).

Peserta Jakarta 1000 Island Paddling akan diberangkatkan dari Dermaga Marina Ancol, Jakarta Utara, pukul 06.30 WIB. Destinasi pertama yang disinggahi adalah Pulau Semak Daun.

Peserta akan melakukan paddling di sini mulai pukul 08.00 WIB. Selama berada di Pulau Semak Daun, ada beragam experience yang bisa dinikmati peserta.

Pulau Semak Daun memiliki pantai yang landai dengan pasir putihnya yang bersih. Perairan di sini pun bebas bulu babi. Kawasan ini juga ideal untuk snorkling dan diving. Ada beragam terumbu karang dan ikan yang bisa dijumpai di sini. Menariknya lagi, Pulau Semak Daun ini adalah daerah penangkaran penyu sisik.

“Kami yakin, peserta pasti akan puas selama berada di Pulau Semak Daun. Selain paddling, mereka juga bisa bersnorkling ria. Kami sengaja memilih pulau ini karena panorama bawah lautnya indah. Nantinya peserta juga bisa menikmati jelajah Pulau Semak Daun,” jelas Ade.

Sedangkan paddling di Pulau Pramuka akan dimulai pukul 11.00 WIB. Selama berada di Pulau Pramuka, peserta juga disuguhi view eksotis. Pulau ini memiliki luas 16,73 hektare dengan populasi 2 Ribu jiwa. Infrastruktur yang ada di Pulau Pramuka sangat lengkap. Mulai rumah sakit, tempat peribadahan, hingga villa bagi wisatawan.

Selain panorama khas pantai, Pulau Pramuka juga menawarkan sisi lain. Ada penangkaran Penyu Sisik (Eretmochelys Imbricata) hingga spot pengembangan hutan mangrove.

“Pulau Pramuka juga unik dan fasilitasnya lengkap. Dijamin, kawasan ini merupakan spot liburan terbaik. Transportasinya sangat mudah dan pilihannya banyak. Wisatawan pasti nyaman selama berada di sana,” ujar Ade lagi.

Jakarta 1000 Island Paddling akan diikuti sekitar 60 peserta. Mayoritas peserta berasal dari area Jakarta.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menerangkan, aktivitas sport tourism semakin menghidupkan destinasi.

“Kepulauan Seribu adalah destinasi wisata terbaik. Peserta Jakarta 1000 Island Paddling dijamin akan mendapatkan banyak experience terbaik di sana. Silahkan eksplorasi kekuatan wisata bahari Kepulauan Seribu. Selain alam, budaya di sana, khususnya Pulau Pramuka, juga sangat menarik,” tutup Menpar.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here