AirAsia Buka Rute Baru Lombok-Perth

0
30

LIPUTAN1.COM, TANGERANG – Maskapai penerbangan AirAsia membuka rute baru Lombok-Perth, Australia. Tiket rute ini sudah mulai dijual 14 Maret 2019. Pembukaan rute ini, adalah wujud dari komitmen AirAsia mendukung program Kementerian Pariwisata dalam mengembangkan ’10 Bali Baru’.

Peluncuran rute baru ini merupakan kelanjutan dari komitmen AirAsia untuk membuka pusat operasi (hub) di Nusa Tenggara Barat. Serta, diharapkan dapat mempercepat pemulihan pariwisata Lombok pasca gempa pada 2018.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di kantor AirAsia di Tangerang, Banten. Penandatanganan dilakukan Direktur Utama PT Indonesia Air Asia, Dendy Kurniawan dengan Gubernur NTB Zulkieflimansyah. Serta, disaksikan Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal. AirAsia akan menjadikan Lombok sebagai hub ke lima setelah Medan, Jakarta, Surabaya dan Bali.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan mengatakan, pembukaan rute ini merupakan awal pembentukan hub terbaru AirAsia. Sekaligus, mendukung transformasi Lombok sebagai Bali baru.

“Pengembangan Lombok sebagai hub AirAsia juga akan berperan sebagai katalis untuk pertumbuhan dan persaingan yang sehat di Indonesia. Dengan merangsang pasar melalui harga tiket yang murah, kami ingin memberikan lebih banyak peluang bagi orang Australia dan Indonesia untuk terbang,” terang Dendy, Jumat (15/3).

Layanan baru Perth-Lombok, juga memberikan dorongan bagi pariwisata lokal dan ekonomi pengunjung. Dalam beberapa bulan mendatang, AirAsia akan meluncurkan sejumlah inisiatif pariwisata berkelanjutan dan berbasis komunitas. Tujuannya, untuk membantu upaya pemulihan kawasan tersebut.

“Saat rute penerbangan terbaru kami mulai beroperasi di bulan Juni nanti, Lombok akan semakin menggeliat dan kami sangat bersemangat untuk menyukseskan rute baru ini,” katanya.

Chief Corporate Services Officer Perth Airport, Debra Blaskett, mengatakan warga Australia memiliki kecenderungan bepergian ke Indonesia, terutama dari Perth. Indonesia juga merupakan negara tujuan internasional yang paling banyak diterbangi dari Bandara Perth.

“Indonesia merupakan negara dengan jumlah kunjungan kedelapan terbanyak di negara bagian Western Australia (WA). Tahun lalu, WA menyambut 31.000 pengunjung dari Indonesia, dengan kontribusi ke ekonomi WA sebesar lebih dari 60 juta dolar Australia,” ujarnya.

Layanan baru ke Perth, akan menaikkan posisi AirAsia di pasar Australia. Apalagi dengan penambahan lebih dari 77.000 kursi setiap tahunnya. Promosi harga kursi selama periode peluncuran ditawarkan mulai dari hanya Rp 599.000 sekali jalan yang dapat dipesan mulai hari ini hingga 24 Maret 2019. Tarif berlaku untuk perjalanan mulai 9 Juni hingga 26 Oktober 2019.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya yang mendengar kabar itu pun langsung menyambut positif. Alasan utamanya, ada peluang sangat besar di Lombok. Peluang itu tidak kalah dengan rute yang sudah diterbangkan AirAsia di berbagai destinasi di Indonesia.

“Pesona wisata Lombok namanya kian nge-hits di telinga traveler dunia. Itu menjadi salah satu alasan AirAsia membuka penerbangan langsung ke Lombok, dan memang destinasi Lombok juga kelas dunia,” ujar Menpar Arief Yahya.

Pria asal Banyuwangi itu menyebut, NTB sangat diuntungkan. Karena, Lombok tergolong destinasi unggulan dalam peta pariwisata Indonesia. Lombok memang sudah terkenal. Apalagi, sudah ada ada direct flight internasional ke Lombok.

“Wisman yang tercatat di pintu imigrasi Lombok akan semakin besar dengan dijadikannya Bandara Lombok sebagai hub. Terima kasih kepada maskapai AirAsia,” pungkas Menpar Arief Yahya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here