Seperti Apa Sih Events Kesukaan Millennials?

0
38

LIPUTAN1.COM, JAKARTA – Seperti apa sih events yang digemari anak-anak muda millennials? Yang menjadi pasar masa depan, bahkan mereka sudah terlahir dan eksis saat ini? Ini sekedar gambaran yang bisa menjadi referensi netizen, seperti apa sih bentuknya? “Silakan ikut Lomba Millennial Events 2019 untuk pariwisata Indonesia,” ajak Gabriella Patricia, Ketua Tim Percepatan Millenials Kemenpar RI.

Gaby yang juga pemenang Putri Pariwisata 2018-2019 ini sedang mengajak netizen, anak-anak muda millennials untuk ikut lomba yang berhadiah total Rp 100 juta ini. “Seperti apa sih events yang disukai netizen millennials? Nanti saya kasih contohnya,” kata dia

Lomba Millenials Events ini terbagi dalam dua babak. Pertama 7 – 21 Februari 2019 adalah posting konten di Akun Instagram pribadi masing-masing. Babak Kedua 23 Februari – 1 Maret 2019 adalah Lomba Top 30 Event Terpilih di akun official Lomba.

Kriteria lomba yang harus diikuti, harus menarik bagi millennials (Millennials Friendly). Temukan event menarik. dapat berupa festival, musik, sport tourism dan lainnya. Namun ingat, kegiatannya harus ada di Indonesia dan berpeluangan mendatangkan wisatawan mancanegara. Dan yang paling penting, tidak mengandung unsur muatan politik, SARA, dan pornografi.

Yang dilombakan adalah Event yang menarik untuk Millennials. Medianya di Instagram dan kontennya dalam bentuk Foto dan Caption. Gabriella menjelaskan sistematika perlombaan.

“Pertama, upload foto event millennial yang menarik ke akun Instagram pribadi kalian. Berikan caption cerita mengapa event tersebut cocok untuk millennial. Promosikan konten postingan Instagrammu di account Facebook dan Twitter pribadi. Jangan lupa cantumkan link promosi Facebook dan Twitter kalian di caption postingan Instagram,” terangnya.

Lalu syarat lain, harus follow dan mention Instagram: @kemenpar, @lomba.millennialsfriendly, dan @pesonaid_travel. Ketik juga hastag #mudabedaberwisata, #pesonamillennial, #wonderfulmillennial, #lombamillennialfriendly, #lombacalenderofeventmillennials #pesonaindonesia, #wonderfulindonesia #Genpi.

“Netizen, teman-teman Genpi, anak-anak kampus, mahasiswa, mahasiswi, ini saat yang tepat buat kalin memilih events yang paling kalian suka. Silakan posting, dalam bentuk foto, video, vlog, infografis, e-flyer dan semua macam ilustrasi gambar, dan disertakan cerita atau storynya. Apa yang membuat kalian happy dengan event pilihan anda,” kata dia.

Menurut Gaby, 30 event milenial terbaik dipilih berdasarkan interaksi (like and comment). Selanjutnya 30 konten terpilih akan di posting di akun official lomba dan kembali di perlombakan untuk mendapatkan 15 event terbaik sebagai pemenang.

Selain itu, peserta wajib mengirim content foto dan caption ke email lombamillennialsfriendly@gmail.com. Subject : Event Millennials – Nama Akun IG. Sertakan nama lengkap, judul foto, link IG, link FB, link Twitter dalam kiriman email.

“Buruan ikut. Hadiahnya lumayan besar. Total 100 juta. Ada 5 pemenang pilihan juri. Masing-masing mendapat Rp 10 juta. Kemudian ada 10 pemenang pilihan netizen. Masing-masing mendapatkan Rp 5 juta,” tambah Don Kardono, Staf Khusus Menpar Bidang Komunikasi dan Media.

Seperti apa sih events yang pernah di high light Menteri Pariwisata RI Arief Yahya. Menteri yang dinilai paling digital, dan memperoleh awards di Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Surabaya. Berikut contoh-contohnya. Ini tidak bermaksud mempengaruhi pilihan netizen.

1. Djakarta Warehouse Project

DWP (Djakarta Warehouse Project) adalah ajang festival musik dan dance yang diadakan oleh Ismaya Group setiap tahunnya dengan mengundang para DJ papan atas dari seluruh dunia untuk mengiringi joget sepuasnya dari malam hingga pagi hari. Seru banget deh!

2. We the Fest

We the Fest adalah festival musik, seni, mode dan makanan yang diselenggarakan tahunan di Jakarta, Indonesia. We the Fest dimulai pada tahun 2014 dan diadakan setiap tahun setiap akhir pekan pertengahan atau akhir bulan Agustus di Parkir Timur Senayan.

3. Soundrenaline

Setelah pertama kali diselenggarakan tahun 2002, di gelaran ke-16 tahun ini Soundrenaline tetap konsisten dengan konsep yang mengusung musik lintas genre. Dengan konsep beberapa stage megah, sebagian nama yang tahun lalu sudah meramaikan Soundrenaline pun akan kembali tampil tahun ini. Dari deretan unit rock seperti Scared of Bums, Barasuara, dan Navicula, sampai band metalcore Burgerkill udah dipastiin bakal memukau semua telinga.

Selain nanti diajak moshing dan headbanging bareng band-band yang disebutin tadi, lo juga akan ditemenin sama Sheila on 7, Naif, Fourtwnty, dan Dipha Barus. Nama-nama besar di ranah musik tanah air lainnya seperti Padi Reborn, The S.I.G.I.T, Pee Wee Gaskins, Jason Ranti, Wake Up Iris!, hingga unit instrumental Semiotika juga ikut digandeng untuk bergabung menampilkan penampilan terbaik mereka di festival musik bergengsi satu ini.

4. Color Run Indonesia

The Color Run, acara COLOR 5km™ pertama di dunia yang ditemukan pada tahun 2011. Misi kami memeberikan sebuah acara yang membuat dunia lebih bahagia dengan nuansa yang lebih sehat. Menciptakan pengalaman baru yang akan menjadi memori Anda di setiap kilometer dan menitnya, untuk masyarakat luas.

Sebagai seri acara terbesar di dunia, The Color Run “The Happiest 5K on the Planet” telah berpengalaman lebih dari 6 juta pelari di seluruh dunia, di 35+ negara, dan menjadi pemimpin gelaran fun running.

5. Jazz Goes to Campuss

Jazz Goes To Campus (JGTC) adalah rangkaian acara tahunan bertema musik jazz—dengan puncak acara festival musik jazz di FEUI—yang diprakarsai oleh Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi UI. Kegiatan ini berlangsung sejak tahun 1978, satu tahun setelah dimulainya festival jazz tertua di dunia, North Sea Jazz Festival[1], dan diklaim sebagai festival jazz tertua di Indonesia. Bersama dengan Jakarta International Java Jazz Festival, Jazz Goes to Campus menjadi tolak ukur industri musik Jazz di Indonesia.

6. Indonesia Games Championship

Kemeriahan serta keseruan yang menghadirkan berbagai turnamen eSports dalam event Indonesia Games Championship 2018! Berbagai game eSports akan dipertandingkan dan terbuka untuk umum! Selain itu, gelaran IGC 2018 juga menghadirkan berbagai keseruan lainnya yang berhubungan dengan game seperti fun games berhadiah hingga Cosplay.

Indonesia Games Championship merupakan event game terbesar yang dihadirkan oleh Telkomsel kepada para gamer di Indonesia. Berbagai turnamen eSports yang menyediakan hadiah besar dihadirkan sebagai apresiasi untuk para gamer. Selain itu pengunjung yang hadir juga bisa mengikuti fun match dan berbagai keseruan lainnya.

7. Kratingdaeng Indonesia E Sport Championship

Kejuaraan Esports Kratingdaeng Indonesia 2018 (Kratingdaeng Indonesia eSports Championship 2018 – Kratingdaeng IEC 2018) hadir untuk menjadi kompetisi eSports terbesar di Indonesia dengan menargetkan 20,000 peserta yang berasal dari seluruh kota di Indonesia untuk berkompetisi dalam berbagai jenis permainan. Kompetisi ini terbagi dalam dua babak, babak pertama adalah babak kualifikasi (online dan offline) untuk Mobile Legends dan PUBG. Kemudian babak kedua adalah grand final yang akan diadakan pada 8-9 September 2018 di ICE BSD. Total hadiah yang diperebutkan dalam kejuaraan IEC ini adalah lebih dari 1 miliar rupiah.

8. JakCloth

JAKCLOTH ( jakarta clothing expo ) adalah sebuah “event clothing line” terbesar di indonesia yang berdiri sejak 2007. Penggagas atau pencipta jakcloth sendiri yakni adalah M.Ichsan Nasution atau Ucok (CEO) ,Jakcloth adalah tempat dimana ratusan industri clothing lokal berkumpul untuk memasarkan product nya secara eksklusif ,tak hanya itu jakcloth juga menghadirkan suguhan acara musik yang tentunya tidak membosankan untuk di datangi, dari ratusan booth dan beberapa stage music di jakcloth juga banyak jajanan yang hadir untuk ikut memeriahkan acara.

9. La La La Fest

Bertempat di Cikole, Lembang, Bandung, LaLaLa Fest bakal jadi event yang melambangkan kreatifitas dan seni yang sudah lama jadi trademark kota Bandung dengan menghadirkan sederet penampilan dari musisi ternama Indonesia dan mancanegara. Konser dilakukan di hutan Cikole yang keren.

10. Bali Spirit Festival

Melalui tradisi yoga, tari, penyembuhan dan musik dunia, BaliSpirit Festival 2018 direncanakan menarik lebih dari 7000 orang dari seluruh dunia setiap tahunnya. Festival 5 hari 7 malam memberi Anda berbagai acara untuk dipilih antara pukul 08:00 – 11:00 setiap hari selama seminggu penuh. Seperti biasa, festival sejenis ini akan disorot dengan lokakarya & seminar interaktif, pusat komunitas & pusat penyembuhan yang semarak, zona aktivitas anak-anak, kelas yoga dan program malam hari yang hidup dari konser Bhakti dan konser musik live, semuanya ada di antara sawah Ubud yang indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here